PENGGUNAAN GAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA ANAK USIA DINI DI KELURAHAN KEMUTERAN

  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Widiharti Widiharti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arick Rachmah C. Z Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Candra Ayu Pramesti Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kosakata merupakan salah satu komponen inti dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pemahaman kosakata dapat dimulai dari anak usia dini karena daya tangkap mereka yang cepat sehingga anak usia dini mudah mempelajari kosakata baru. Pada era digitalisasi yang semakin canggih, gambar menjadi salah satu media yang dapat membantu anak usia dini memahami suatu konsep dan ide yang kompleks. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris, gambar dapat menjadi media interaktif dan menarik yang dapat membantu anak usia dini mempelajari kosakata baru. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan gambar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman kosakata anak usia dini dalam bahasa Inggris di Kelurahan Kemuteran, Gresik. Metode eksperimen digunakan dengan anak- anak usia dini sebagai sampel pelaksanaan kegiatan. Kegiatan dilaksanakan di Balai Serbaguna Kelurahan Kemuteran pada tanggal 17 dan 24 Maret 2024. Proses pembelajaran melibatkan pengenalan kosakata hewan, warna, dan hobi melalui gambar, diikuti dengan pengulangan untuk memperkuat pemahaman. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman kosakata anak-anak. Kegiatan ini membuktikan bahwa penggunaan gambar sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman kosakata anak usia dini dalam bahasa Inggris. Kesimpulannya, pendekatan pembelajaran yang interaktif dan inovatif perlu terus dikembangkan untuk mempertahankan minat belajar anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SUKARIS, Sukaris et al. PENGGUNAAN GAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA ANAK USIA DINI DI KELURAHAN KEMUTERAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 188-193, may 2024. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/7745>. Date accessed: 14 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i2.7745.