PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEGO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PEGON KITAB KUNING SANTRI MADIN AL-MUTTAQIN DUDUKSAMPEYAN
Abstract
Madrasah Diniyah (MADIN) Al-Muttaqin Duduksampeyan menerapkan
pembelajaran menggunakan kitab kuning dan memaknainya dalam tulisan pego. Pego menjadi
mata pelajaran di kelas 1 untuk mempermudah santri dalam memaknai kitab kuning, namun
kemampuan santri dalam menulis pego masih kurang karena tidak tersedianya bahan ajar pego
sehingga guru kesulitan untuk mengolah dan menyampaikan materi serta santri kesulitan
berlatih secara mandiri. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan bahan ajar pego yang
dapat menunjang keterampilan santri dalam menulis pegon kitab kuning. Tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar pego dan efektivitasnya dalam
meningkatkan keterampilan menulis pegon kitab kuning santri MADIN Al-Muttaqin
Duduksampeyan. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan kualitatif
(Qualitative approach) dan pendekatan kuantitatif (quantitative approach). Jenis penelitian
yang digunakan adalah reseach and development (Penelitian dan pengembangan) dengan
model Dick &Carey yang terdiri dari sepuluh langkah. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Hasil analisis data
menunjukkan bahan ajar pego dapat meningkatkan keterampilan santri kelas I MADIN Al-
Muttaqin Duduksampeyan Gresik dalam menulis pego, terbukti persentase rata-rata perolehan
hasil belajar pada post-test mencapai 78,6 dibanding pre-test yang hanya berada pada nilai 63,6
Demikian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan perolehan hasil belajar siswa sebesar 15
setelah belajar menggunakan hasil produk pengembangan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.