PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIST TENTANG MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Syamsul Arifin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.30587/tamaddun.v22i1.2919

Keywords:

Materi, Pendidikan Agama Islam; Perspektif Al-Qur’an dan Hadis;

Abstract

Pendidikan adalah disebut juga dengan istilah Kurikulum atau lebih tepatnya
materi adalah bagian dari kurikulum, sehingga pengertian Materi dalam operasionalnya lebih
pada pengertian kurikulum. Maka dapat penulis definisikan bahwa Materi Pendidikan
Agama Islam dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadist sangat relevan dengan pengertian yang
kedua bahwa Hakikat Materi dalam Pendidikan Agama Islam adalah Sesuatu yang menjadi
bahan yang telah dipikirkan, dibicarakan, dikarangkan (diceritakan/disampaikan) yang
berhubungan dengan pelajaran dan pembelajaran sebagai bagian dari muatan kurikulum
pendidikan yang didasarkan pada Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadist. Dalam wacana
keislaman pendidikan lebih populer dengan istilah tarbiyah, ta'lim, ta'dib, riyadhah, irsyad,
dan tadris selanjutnya pengertian pendidikan secara umum dalam konsep Islam mengacu pada
makna dan asal kata yang membentuk kata pendidikan itu sendiri dalam hubungannya dengan
ajaran Islam sebagaimana didefinisikan oleh para pakar.

Downloads

Published

2020-12-23

How to Cite

Arifin, S. (2020). PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIST TENTANG MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Tamaddun : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 22(1), 78–88. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v22i1.2919

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.