DAMPAK AKTIVITAS OLAHRAGA TERHADAP STRES AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Rachman Widohardhono Universitas Negeri Surabaya
  • Nabila Rachman Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Miftakhul Jannah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v19i1.7416

Keywords:

academic sstress, sport activity, student

Abstract

Background: In the academic process, students have the potential to experience academic stress, among others, due to high expectations, a lot of incoming information, academic pressure, and unrealistic ambitions. One of the activities carried out is sports activities. Objective: The objective of the study was to assess the relationship between sport activity and academic stress. Method: A total of 65 student were involved in this study. Age range of 14–17 years, Data obtained from Global Physical Activity Questionnaire (GPAQ) and reported the number of days and duration of activities they spent on studying or working, travelling, and recreational activities. All responses as to the duration were converted from hours into METs. Data academic stress obtained from Perception of Academic Stress Scale. Statistical analysis using analysis of varian was performed using JASP for window version 0.14.1 Result: The research results show an F value of 3.304 with a p value of 0.043 (<0.05). Conclusion: There is a significant difference between the level of sports activity and academic stress. The higher the level of sports activity, the lower the academic stress.

 

Keywords: Academic stress, sport activity, student.

Latar Belakang: Peserta didik dalam dalam proses akademik ada potensi mengalami stres akademik antara lain karena ekspektasi yang tinggi, banyaknya informasi yang masuk, tekanan akademis, ambisi yang tidak realistis. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah aktivitas olahraga. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara aktivitas olahraga dan stres akademik siswa Sekolah Menengah Atas. Metode: Sebanyak 65 siswa dilibatkan dalam penelitian ini. Rentang usia 14–17 tahun. Data diperoleh dari Global Physical Activity Questionnaire (GPAQ) dan melaporkan jumlah hari dan durasi aktivitas yang mereka habiskan untuk belajar atau bekerja, bepergian, dan aktivitas rekreasi. Semua tanggapan mengenai durasi diubah dari jam menjadi MET. Data stres akademik diperoleh dari Skala Persepsi Stres Akademik. Analisis statistik menggunakan analisis varian dilakukan dengan menggunakan JASP for window versi 0.14.1. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan nilai F sebesar 3,304 dengan nilai p 0,043 (<0,05). Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat aktivitas olahraga dengan stres akademik. Semakin tinggi tingkat aktivitas olahraga maka semakin rendah stres akademik.

 

Kata kunci: Stress akademik, aktivitas olahraga, peserta didik.

 

References

Agustiningsih, N. (2019). Gambaran stres akademik dan strategi koping pada mahasiswa keperawatan. Jurnal Ners Dan Kebidanan, 6(2), 241–250. https://doi.org/10.26699/jnk.v6i2.ART.p241
Alamsyah, D. A. N., Hestiingsih, R., & Saraswati, L. D. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kebugaran jasmani pada remaja siswa kelas XI SMK Negeri 11 Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(3), 77–86.
Alfarisi, R., Sandayanti, V., & Feryaldi, A. Y. (2019). Hubungan aktivitas olahraga dengan toleransi stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Bandar Lampung. Jurnal Dunia Kesmas, 8(2), 80–85. https://doi.org/https://doi.org/10. Jurnal Dunia Kesmas, 8(2), 80–85. https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jdk.v8i2.1403
Alimah, C., & Khoirunnisa, R. N. (2021a). Hubungan antara self-efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi covid-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 16.
Alimah, C., & Khoirunnisa, R. N. (2021b). Hubungan antara self-efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi covid-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 160–170.
Asri, N., & O., E. S. L. (2021). Aktivitas olahraga di masa pandemi covid-19 terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Jurnal Halaman Olahraga Nusantara (HON), 4(1), 53–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/hon.v4i1.5213
Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat covid-19. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5(2), 95–99. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005
Bedewy, D., & Gabriel, A. (2015). Examining perceptions of academic stress and its sources among university students: The Perception of Academic Stress Scale. Health Psychology Open, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.1177/2055102915596714
Brannon, L., Updegraff, J. A., & Feist, J. (2018). Psychology an introduction to behavior and health, ninth edition. Cengage Learning.
Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self disclosure dan tingkat stres pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282
Gerber, M., Ludyga, S., Mücke, M., Colledge, F., Brand, S., & Pühse, U. (2017). Low vigorous physical activity is associated with increased adrenocortical reactivity to psychosocial stress in students with high stress perceptions. Psychoneuroendocrinology, 80, 104–113. https://doi.org/10.1016/j.psyneuen.2017.03.004
Iswanti, S. (2018). Alat bantu pengidentifikasi tingkat stres mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir/skripsi. Jurnal Informatika Upgris, 4(1), 56–63. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jiu.v4i1.2311
Karaman, M. A., Lerma, E., Vela, J. C., & Watson, J. C. (2019). Predictors of Academic Stress Among College Students. Journal of College Counseling, 22(1), 41–55. https://doi.org/10.1002/jocc.12113
Kemenkes RI. (2018). Beberapa penyakit ini dapat diatasi dengan berolahraga. 25 Juni.
Kemenkes RI. (2021). Berikut ini beberapa contoh latihan fisik/ olahraga yang dapat dilakukan di rumah. 18 September.
Kim, E. S., Kubzansky, L. D., Soo, J., & Boehm, J. K. (2017). Maintaining Healthy Behavior: a Prospective Study of Psychological Well-Being and Physical Activity. Annals of Behavioral Medicine, 51(3), 337–347. https://doi.org/10.1007/s12160-016-9856-y
Moretti, H. (2021). The whole-body guide to gut health: Heal your gut through diet, exercise, and stress reduction (J. Hartung (ed.)). Rockridge Press.
Nabila, N., & Sayekti, A. (2021). Manajemen stres pada mahasiswa dalam penyusunan skripsi di Institut Pertanian Bogor. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(2), 156–165. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i2.36941
Pane, B. S. (2015). Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 1–4.
Permono, J. W., & Kusristanti, C. (2020). Olah raga dan regulasi emosi: Sebuah studi korelasi pada taruna Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Jurnal Psikologi Ulayat, 3(2), 169–180. https://doi.org/10.24854/jpu52
Poluakan, R. J., Manampiring, A. E., & Fatimawali. (2020). Hubungan antara aktivitas olahraga dengan ritme sirkadian dan stres. Jurnal Biomedik : Jbm, 12(2), 102–109. https://doi.org/10.35790/jbm.12.2.2020.29441
Pranata, D. Y. (2020). Aktivitas olahraga masyarakat pada masa pandemi covid-19 berdasarkan usia. Jurnal Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 32–38. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/altius.v9i2.12543
Prastiyo, N. A., & Maksum, A. (2013). Korelasi antara aktivitas olahraga dengan tingkat stres yang dialami siswa kelas XI Jurusan Busana Butik SMKN 8 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 01(01), 234–239.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed, Vol. 148). John Wiley & Sons, Inc.
Setiawan, I.S.Y., Djauhari, T., & Hanifwati, A. (2017). Perbedaan pengaruh olahraga terhadap toleransi stres psikologis mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang. Saintika Medika, 8(2), 109–114. https://doi.org/10.22219/sm.v8i2.4111
Sitepu, T. A. Z., & Jannah, M. (2022). Aktivitas olahraga dan stres akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 1–8.
Suwartika, I., Nurdin, A., & Ruhmadi, E. (2020). Analisis faktor yang berhubungan dengan tingkat stress akademik mahasiswa reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. The Soedirman Journal of Nursing), 9(3), 173–189. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20884/1.jks.2014.9.3.612
Trigueros, R., Padilla, A., Aguilar-Parra, J. M., Lirola, M. J., García-Luengo, A. V., Rocamora-Pérez, P., & López-Liria, R. (2020). The influence of teachers on motivation and academic stress and their effect on the learning strategies of university students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(23), 1–11. https://doi.org/10.3390/ijerph17239089
Triswanti, N. (2015). Analisis hubungan faktor stres dan aktivitas olahraga dengan kejadian dismenore pada siswi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Natar Lampung Selatan. Jurnal Dunia Kesmas, 4(3), 137–144. https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jdk.v4i3.434
Tus, J. (2020). Academic Stress, Academic Motivation, and Its Relationship on the Academic Perfomence of the Senior High School Students. Asian Journal of Multidisciplinary Studies, 8(11), 2348–7186.
Wahyudi, R., Bebasari, E., & Nazriati, E. (2015). Hubungan antara kebiasaan berolahraga dengan tingkat stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Angkatan 2014. JOM FK, 2(2), 107. https://doi.org/10.26891/jik.v9i2.2015.107-113
Wahyuni, L. T. (2018). Hubungan stres dengan kualitas tidur mahasiswa profesi keperawatan STIKes Ranah Minang Padang tahun 2016. Menara Ilmu, XII(3), 80–85.
WHO. (2012). Global Physical Activity Questionnaire (GPAQ) Analysis Guide. Geneva: World Health Organization, 1–22.
WHO. (2020). WHO guidelines on physical activity and sedentary behaviour. In Routledge Handbook of Youth Sport. https://doi.org/10.4324/9780203795002
Yuliani, H., Santoso, H., Adi, M., & Saraswati, L. (2016). Gambaran faktor risiko aktivitas fisik, kualitas tidur, dan stres dengan tekanan darah pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 4(4), 387–393.
Zahara, M., Martina, M., & Alfiandi, R. (2022). Hubungan regulasi emosi dengan stres akademik pada mahasiswa universitas syiah kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 6(1), 55–63. http://www.jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/view/20658

Downloads

Published

2024-03-02

How to Cite

Widohardhono, R., Rachman, N., & Jannah, M. (2024). DAMPAK AKTIVITAS OLAHRAGA TERHADAP STRES AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 19(1), 93–103. https://doi.org/10.30587/psikosains.v19i1.7416

Issue

Section

Original Research

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.