EFEKTIVITAS PELATIHAN IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA GURU SEKOLAH INKLUSI

  • Yohana Wuri Satwika
  • Riza Noviana Khoirunnisa
  • Hermien Laksmiwati
  • Miftakhul Jannah

Abstract

Kemampuan guru sekolah inklusi dalam melakukan identifkasi anak berkebutuhan khusus sangat diperlukan agar dapat memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai. Guru sekolah inklusi harus mengetahui jenis-jenis, gejala dan ciri-ciri anak berkebutuhan khusus untuk dapat melakukan identifikasi yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pelatihan identifikasi anak berkebutuhan khusus (ABK) pada guru sekolah inklusi. Penelitaian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan one group pre-test dan post-test design. Peserta dalam pelatihan identifikasi ABK ini adalah guru-guru yang menangani siswa ABK dengan jumlah 30 orang. Analisis dilakukan dengan paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < alpha (0.05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan identifikasi ABK ini efektif bagi para guru di sekolah inklusi. Kemampuan para guru sekolah inklusi dalam melakukan identifikasi pada ABK mengalami peningkatan setelah dilakukannya pelatihan.
Kata Kunci: Pelatihan dentifikasi ABK, guru sekolah inklusi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 8, 2019
How to Cite
SATWIKA, Yohana Wuri et al. EFEKTIVITAS PELATIHAN IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA GURU SEKOLAH INKLUSI. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 109-121, feb. 2019. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/763>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v13i2.763.
Section
Original Research