PERMAINAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DENGAN TEMAN SEBAYA PADA ANAK PRASEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan kooperatif untuk meningkatkan komunikasi dengan teman sebaya pada anak prasekolah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain non randomized pretest posttest control group design. Subjek penelitian yang terlibat dalam penelitian ini adalah anak pra sekolah usia 5 tahun sebanyak 15 siswa pada kelompok eksperimen dan 15 siswa kelompok kontrol. Alat pengumpul data berupa checklist observasi yang digunakan untuk mengukur komunikasi dengan teman sebaya pada anak prasekolah. Analisis data dilakukan dengan statistik parametrik menggunakan uji t. Komunikasi dengan teman sebaya menunjukkan peningkatan dengan nilai t sebesar 18,757 dengan signifikansi sebesar 0,000, dan effect size termasuk kategori besar yaitu 64,03. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, permainan kooperatif efektif meningkatkan komunikasi dengan teman sebaya pada anak prasekolah.