Edukasi Gizi Seimbang kepada Anak Sekolah Dasar di Desa Mriyunan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

  • Ervi Suminar Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Diah Fauzia Zuhroh Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sahlatul Abidah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Shofa Maria Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Metode yang digunakan adalah Edukasi. Siswa – siswi sekolah dasar merupakan
kelompok usia yang paling rentan akan kekurangan gizi yang dikarenakan jadwal sekolah
yang sangat padat. Upaya mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan proses perkembangan
anak. Kegiatan KKN yang dilaksanakan prodi ilmu gizi melalui metode edukasi. Edukasi
merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam
usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pola makan
merupakan perilaku penting yang dapat mempengaruhi status gizi seseorang. Edukasi atau
pendidikan merupakan pemberian pengetahuan dan kemampuan seseorang yang melalui
pembelajaran, sehingga seseorang atau kelompok orang yang mendapatkan pendidikan dapat
melakukan sesuai yang diharapkan oleh pendidik, dari yang tidak tahu menjadi tahu dan dari
yang tidak mampu mengatasi kesehatan sendiri menjadi mandiri. Kegiatan ini bertujuan untuk
memberikan pengetahuan serta pemahaman terkait gizi seimbang dan pemahaman akan
pentingnya menjaga pola makan bergizi seimbang saat usianya masih sekolah dasar. Hasil
yang didapat dari dari kegiatan ini siswa – siswi dapat menerapkan tentang gizi seimbang
yang berada dalam kehidupan sehari – hari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 21, 2024
How to Cite
SUMINAR, Ervi et al. Edukasi Gizi Seimbang kepada Anak Sekolah Dasar di Desa Mriyunan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 242-251, june 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/7921>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i2.7921.
Section
Articles