Edukasi Gizi Seimbang kepada Anak Sekolah Dasar di Desa Mriyunan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

Authors

  • Ervi Suminar Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Diah Fauzia Zuhroh Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sahlatul Abidah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Shofa Maria Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i2.7921

Keywords:

Stunting, Anak SD, Gizi Buruk

Abstract

Metode yang digunakan adalah Edukasi. Siswa – siswi sekolah dasar merupakan
kelompok usia yang paling rentan akan kekurangan gizi yang dikarenakan jadwal sekolah
yang sangat padat. Upaya mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan proses perkembangan
anak. Kegiatan KKN yang dilaksanakan prodi ilmu gizi melalui metode edukasi. Edukasi
merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam
usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pola makan
merupakan perilaku penting yang dapat mempengaruhi status gizi seseorang. Edukasi atau
pendidikan merupakan pemberian pengetahuan dan kemampuan seseorang yang melalui
pembelajaran, sehingga seseorang atau kelompok orang yang mendapatkan pendidikan dapat
melakukan sesuai yang diharapkan oleh pendidik, dari yang tidak tahu menjadi tahu dan dari
yang tidak mampu mengatasi kesehatan sendiri menjadi mandiri. Kegiatan ini bertujuan untuk
memberikan pengetahuan serta pemahaman terkait gizi seimbang dan pemahaman akan
pentingnya menjaga pola makan bergizi seimbang saat usianya masih sekolah dasar. Hasil
yang didapat dari dari kegiatan ini siswa – siswi dapat menerapkan tentang gizi seimbang
yang berada dalam kehidupan sehari – hari.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Suminar, E., Zuhroh, D. F., Ernawati, E., Abidah, S., & Maria, S. (2024). Edukasi Gizi Seimbang kepada Anak Sekolah Dasar di Desa Mriyunan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Kuliah Kerja Nyata, 1(2), 242–251. https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i2.7921

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.