MENGASAH KEMAMPUAN MOTORIK : PELATIHAN MOTORIK KASAR DAN HALUS PADA ANAK KELAS B DI TK PKK TLOGORETNO
Abstract
Pelatihan motorik kasar dan halus merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia TK(taman kanak-kanak). Pelatihan motorik ini memiliki dampak signifikan pada perkembangan fisik, kognitif, serta sosial anak. Tujuan pelatihan ini yaitu memberikan stimulasi perkembangan mototik kasar dan halus anak di usia dini melalui menulis, mewarnai, menari, melipat, dan lomba. Metode penelitian ini adalah mengunakan jenis penelitian melalui pendekatan kualitatif untuk menjelaskan perubahan yang signifikan yang terjadi pada perkembangan motorik kasar dan halus anak khususnya di TK PKK Tlogoretno, kecamatan Brondong, kabupaten Lamongan. Pelatihan ini pun dilaksanakan selama 4x pertemuan. Dan dalam hasil penelitian menunjukkan perubahan yang signifikan dilihat dari anak yang telah mampu memegang pensil warna dengan menggunakan ibu jari dan 2 jari tangan, meskipun masih belum maksimal. Ada juga hasil dari pelatihan Kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan senam irama di kelompok B TK PKK Tlogoretno, sebagian peserta didik mampu mengikuti gerakan yang telah dicontohkan oleh peneliti namun di beberapa bagian seringkali peserta didik tidak mengikuti gerakan yan tepat, dan berjoget dengan gerakan bebas. Ada juga saat saat mengamati kegiatan melipat kertas pada lipatan pertama dan kedua semua anak dapat melakukannya dengan baik, sedangkan dari lipatan ke tiga dan keempat ada beberapa anak yang bingung saat melakukan hal itu.