ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELANGGAN PERTALITE SPBU 54.611.30 (Studi Kasus SPBU 54.611.30 Jln. Mayjend Sungkono, Prambangan, Kec. Kebomas, Kab. Gresik)

  • Macdevis Alala Nasir Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Deny Andesta Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kualitas layanan memiliki dampak besar terhadap kepuasan pelanggan. Antrian dapat terjadi ketika waktu pemrosesan melebihi waktu antar kedatangan. Banyaknya permintaan pelanggan menyebabkan antrian. Oleh karena itu dilakukan observasi di SPBU 54.611.30 yang terletak di Jln. Mayjen Sungkono, Prambangan, Kec. Kebomas, Kab.Gresik yang fokus mengamati kendaraan roda dua yang mengisi pertalite dengan waktu pengamatan selama 2 jam. Pengamatan ini memiliki tujuan untuk mengetahui sistem pengisian bahan bakar pada motor roda dua. Total antrian, waktu tunggu, dan nilai layanan digunakan untuk ukuran kinerja. Berdasarkan pengukuran kinerja dari simulasi yang dilakukan, disarankan untuk memperbaiki sistem yang ada untuk mencapai sistem yang optimal. Berdasarkan data observasi yang diperoleh, dibuat model untuk sistem yang diamati. Software arena digunakan untuk memecahkan masalah ini. Hasil yang didapat dari simulasi menunjukkan bahwa sistem proses mengalami kesibukan tingkat sedang yang menimbulkan antrian. Maka diberikan skenario alternatif perbaikan sistem yang diusulkan yaitu menambah server dengan tujuan untuk mengatasi masalah antrian. Rekomendasi perbaikan menurut hasil simulasi yakni perlu melakukan penambahan server yang semula hanya menggunakan satu server menjadi dua server sehingga kondisi antrian dapat dikurangi bahkan tidak terjadi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 1, 2024
How to Cite
NASIR, Macdevis Alala; ANDESTA, Deny. ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELANGGAN PERTALITE SPBU 54.611.30 (Studi Kasus SPBU 54.611.30 Jln. Mayjend Sungkono, Prambangan, Kec. Kebomas, Kab. Gresik). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 277-284, feb. 2024. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/7342>. Date accessed: 02 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v4i2.7342.
Section
Articles