ANALISIS BEBAN KERJA GUNA MENENTUKAN KEBUTUHAN JUMLAH TENAGA KERJA YANG OPTIMAL BERDASARKAN METODE WORKLOAD ANALYSIS DAN WORK FORCE ANALYSIS (STUDI KASUS PENGGILINGAN BERAS di UD. SUMBER REJEKI REJO JAYA)

  • Rizki Irvan Nudin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Pregiwati Pusporini Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Efta Dhartikasari Priyana Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

UD. Sumber Rejeki Rejo Jaya merupakan industri yang bergerak dalam bidang penggilingan beras dengan jumlah 3 stasiun pekerjaan dan dikerjakan oleh 4 tenaga kerja. 4 orang tenaga kerja tersebut terdiri dari 1 orang bagian penggilingan,1 orang pada bagian packaging 1 dan 2 orang pada bagian  pakcaging 2. Permasalahan yang terjadi pada UD. Sumber rejeki rejo jaya adalah tidak mampu memenuhi permintaan target perusahaan. Terhitung rata-rata target adalah 135 unit dan yang diselesaikan hanya 127 unit. Dari hasil observasi yang dilakukan bahwa salah satu penyebab terjadinya masalah adalah permintaan dari konsumen yang tinggi dari rata-rata produksi perhari, sehingga dengan jumlah karyawan yang ada saat ini tidak mampu menyelesaikan proses produksi tepat waktu. Dari permasalahan tersebut maka diperlukan perhitungan untuk menentukan jumlah karyawan yang optimal, agar dapat memenuhi permintaan. Perhitungan diawali dengan membagi beberapa stasiun dan elemen kerja Penentuan jumlah karyawan dilakukan dengan jalan menentukan waktu siklus, peformance ranting untuk menghitung waktu normal, allowance untuk menghitung waktu standard dalam proses penggilingan beras Dari hasil perhitungan waktu standar selanjutnya dihitung dengan metode workload analysis dan work force analysis. Jumlah karyawan yang optimal di dapatkan sebesar 9 orang. Sedangkan UD. Sumber rejeki rejo jaya baru memliki 4 orang pekerja. Dengan penambahan 5 pekerja. Diharapkan mampu meningkatkan produktifitas dan mampu memenuhi target perusahaan.


Kata kunci : Waktu Standar, Workload Analysis, Work Force Analysis

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 31, 2022
How to Cite
NUDIN, Rizki Irvan; PUSPORINI, Pregiwati; PRIYANA, Efta Dhartikasari. ANALISIS BEBAN KERJA GUNA MENENTUKAN KEBUTUHAN JUMLAH TENAGA KERJA YANG OPTIMAL BERDASARKAN METODE WORKLOAD ANALYSIS DAN WORK FORCE ANALYSIS (STUDI KASUS PENGGILINGAN BERAS di UD. SUMBER REJEKI REJO JAYA). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 214-221, jan. 2022. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/3514>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v2i2.3514.
Section
Articles