ANALISIS KINERJA RUAS JALAN MENGGUNAKAN METODE PEDOMAN KAPASITAS JALAN INDONESIA (PKJI) 2023 PADA JALAN RAYA MANYAR

  • Abid sipil umg Universitas muhammadiyah gresik
  • Kholidia Ayunaning UMG Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Transportasi ialah salah satu elemen penting dari suatu daerah perkotaan. Pertumbuhan populasi yang sangat cepat mengakibatkan tingginya permintaan untuk penyediaan, perbaikan, dan layanan infrastruktur transportasi, baik dari sisi mutu maupun jumlah, salah satunya adalah jalan. Kemacetan yang terjadi di Kota Gresik salah satunya terdapat di ruas Jalan Raya ManyarRuas jalan itu sering dilalui oleh warga, karena wilayah itu adalah area dengan jumlah penduduk yang tinggi, pabrik-pabrik, dan lokasi bisnis. Hal ini terlihat dari berhentinya mobil di tepi jalan, pejalan kaki yang menyeberang sembarangan, kendaraan besar yang keluar masuk pabrik, serta mobil-mobil yang parkir di tepi jalan. Dari hasil analisis didapatkan volume arus lalu lintas dari perhitungan hasil survey didapatkan nilai tertinggi sebesar 3527,5 di titik lokasi 2 pada hari rabu pukul 16.00-17.00 dan nilai terendah sebesar 2189 dititik lokasi 1 pada hari minggu pukul 16.00-17.00 WIB. Volume arus lalu lintas berdasarkan perhitungan hasil survey didapatkan nilai rata rata di titik lokasi 1 sebesar 2722 smp/jam dan lokasi 2 sebesar 3115 smp/jam. Hambatan samping pada lokasi 1 pada saat survey didapatkan hasil kriteria hambatan samping yang tinggi dan untuk titik lokasi 2 yaitu kriteria rendah. Kecepatan arus bebas pada lokasi 1 saat analisis data didapatkan nilai sebesar sebesar 78 km/jam dan lokasi 2 sebesar 62 km/jam. Pada saat alternatif didapatkan sebesar 79 km/jam. Kapasitas ruas jalan pada lokasi 1 saat analisis data didapatkan nilai sebesar 8792 smp/jam dan titik lokasi 2 sebesar 4000 smp/jam. Kapasitas ruas jalan pada lokasi 2 saat alternatif didapatkan nilai sebesar 9155 smp/jam. Derajat kejenuhan pada lokasi 1 saat analisis data didapatkan nilai sebesar 0,309 dan lokasi 2 mendapatkan niai derajat kejenuhan sebesar 0,778. Derajat kejenuhan pada lokasi 2 saat alternatif 2 didapatkan nilai sebesar 0,3403. Waktu dan kecepatan tempuh mobil penumpang pada sat analisis titik lokasi 1 sebesar 0,020 jam, dan lokasi 2 sebesar 0,047 jam. Pada saat alternatif lokasi 2 ditemukan sebesar 0,030 jam. Dan derajat iringan hanya untuk jalan 2/2 T di lokasi 2 ditemukan nilai sebesar 0,848.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 25, 2025
How to Cite
UMG, Abid sipil; UMG, Kholidia Ayunaning. ANALISIS KINERJA RUAS JALAN MENGGUNAKAN METODE PEDOMAN KAPASITAS JALAN INDONESIA (PKJI) 2023 PADA JALAN RAYA MANYAR. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 44-50, mar. 2025. ISSN 3047-6011. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtsl/article/view/9529>. Date accessed: 30 mar. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtsl.v2i01.9529.