Analisa Perbandingan Pemasangan Bekisting Konvensional dengan Bekisting Alumunium pada Pekerjaan Struktur Gedung Sekolah

  • Muhammad Maulana Zakariyyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Avisha Gita Prafitasiwi Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Proyek kontruksi merupakan suatu kegiatan yang berlangsung dalam jangka waktu terbatas dengan sumber daya yang beragam. Oleh karena itu pengerjaan proyek membutuhkan manajemen kontruksi untuk membutuhkan pengaturan sumber daya yang efektif dan efisien. Proyek ini merencanakan manajemen kontruksi pada proyek Pembangunan SMP Negeri 38 Surabaya yang berada di Jln Kutilang No 9-11 Kecamatan Krembangan Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan biaya dan waktu pelaksanaan bekisting konvensional dan bekisting alumunium, objek penelitian ini adalah pekerjaan struktur atas pada Gedung Sekolah SMP Negeri 38 Surabaya dengan menggunakan metode Analisa perbandingan biaya dan durasi. Berdasarkan dari hasil analisis perbandingan bekisting konvensional dengan bekisting aluminium pada pekerjaan Gedung Sekolah SMP Negeri 38 Surabaya untuk perhitungan biaya dengan menggunakan bekisting konvensional (material multiplek) sebesar Rp. 5.926.063.356,01 membutuhkan waktu selama 238hari kerja sedangkan menggunakan bekisting alumunium (material alumunium) sebesar Rp. 5.927.168.352,56 membutuhkan waktu selama 212hari dengan selisih biaya sebesar Rp. 1.104.996,55 lebih murah bekisting konvensional dibandingkan dengan bekisting alumunium.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 22, 2024
How to Cite
ZAKARIYYAH, Muhammad Maulana; PRAFITASIWI, Avisha Gita. Analisa Perbandingan Pemasangan Bekisting Konvensional dengan Bekisting Alumunium pada Pekerjaan Struktur Gedung Sekolah. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 9-20, feb. 2024. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtsl/article/view/7407>. Date accessed: 21 may 2024.
Section
Articles