Analisis Risiko Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Pondasi Silo Phase 3 Ø 24,50 M Menggunakan Metode FTA (Fault Tree Analysis)

  • Rizki Alfianidah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Avisha Gita Prafitasiwi Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Proyek Konstruksi adalah bentuk usaha yang melibatkan berbagai pihak dan membutuhkan tenaga kerja, material bangunan, alat berat, metode pelaksanaan, biaya, dan waktu untuk menghasilkan infrastruktur atau bangunan tertentu. Fault Tree Analysis (FTA) adalah metode untuk menemukan risiko yang menyebabkan kegagalan. Ini dimulai dengan asumsi kegagalan dari kejadian puncak (Top Event) dan merinci penyebabnya hingga kegagalan dasar (Root Cause). FTA befokus pada kondisi keterlambatan dan menelusuri penyebnya secara terperinci. Akar permasalahan, analisis risiko keterlambatan dengan metode FTA harus dilakukan pada proyek pembangunan Pondasi Silo Phase 3 Ø 24,50 m yang berlokasi di Jl. KIG Raya Barat Kav. M No. 3-4. Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang kontribusi relatif dari setiap faktor risiko terhadap keterlambatan proyek pondasi silo. Implikasi dari temuan ini dapat membantu para pengambil keputusan dan manajer proyek dalam merancang strategi manajemen risiko yang efektif. Dengan memahami akar penyebab potensial keterlambatan, proyek konstruksi dapat diarahkan untuk mengimplementasikan langkah-langkah pencegahan yang lebih efisien.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 1, 2024
How to Cite
ALFIANIDAH, Rizki; PRAFITASIWI, Avisha Gita. Analisis Risiko Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Pondasi Silo Phase 3 Ø 24,50 M Menggunakan Metode FTA (Fault Tree Analysis). Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 67-78, aug. 2024. ISSN 3047-6011. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtsl/article/view/8210>. Date accessed: 26 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtsl.v1i1.8210.
Section
Articles