ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA TRASPORTASI UMUM BUS TRANS JATIM KORIDOR 3 TERHADAP KINERJA OPERASIONAL DAN PELAYANAN (Studi Kasus: Rute Mojokerto-Gresik)
Abstract
Perkembangan kawasan industri di Kabupaten Gresik meningkatkan lalu lintas dan kemacetan, sehingga transportasi umum perlu ditingkatkan. Sesuai Perpres No. 2 Tahun 2015, Bus Rapid Transit (BRT) seperti Bus Trans Jatim Rute Mojokerto-Gresik dikembangkan. Namun, rendahnya minat masyarakat serta ketidaksesuaian rute dan jadwal menjadi kendala. Penelitian ini menganalisis kepuasan pengguna terhadap layanan Bus Trans Jatim berdasarkan standar SK.687/AJ.206/DRJD/2002.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa indikator memenuhi standar, seperti waktu tempuh rata-rata 107 menit, kecepatan perjalanan 34,49 km/jam, dan waktu tunggu rata-rata 7,31 menit. Namun, aspek seperti load factor sebesar 31,63%, waktu headway 14,63 menit, dan jumlah penumpang masih memerlukan perbaikan. Tingkat kepuasan penumpang mencapai 85,32%, menunjukkan layanan secara keseluruhan dinilai baik. Studi ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional Bus Trans Jatim.