PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM DILAN (DISCOVERY LEARNING) UNTUK PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Azizah Azizah
  • Puji Winarti

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i2.772

Keywords:

Modul Dilan, Discovery Learning, dan Pembelajaran I

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Praktikum Dilan (Discovery Learning) untuk pembelajaran Sains di Kelas V Sekolah Dasar yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Sains di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang menggunakan model Borg and Gall. Jenis penelitian ini terdiri dari 9 langkah yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) uji lapangan terbatas, (5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan lebih luas, (7) revisi hasil uji lapangan lebih luas, (8) uji kelayakan, (9) revisi hasil uji kelayakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Modul Praktikum Dilan (Discovery Learning) untuk pembelajaran Sains di Kelas V SD telah valid, praktis dan efektif. Nilai kevalidan yang diperoleh sebesar 61,5 dengan kriteria sangat valid. Nilai kepraktisan sebesar 66,27 atau sangat praktis. Serta perolehan nilai kefektifan sebesar 0,72 dengan kriteria sangat efektif. Dari hasil perolehan ini maka dapat disimpulkan bahwa Modul Praktikum Dilan (Discovery Learning) untuk pembelajaran Sains di Kelas V SD dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif

Downloads

Published

2019-02-18

How to Cite

Azizah, A., & Winarti, P. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM DILAN (DISCOVERY LEARNING) UNTUK PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(2), 168–183. https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i2.772

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.