Pengembangan Buku Ajar Subtema Aku Bangga Dengan Daerah Tempat Tinggalku Melalui Strategi PQ4R Dengan Pembelajaran Langsung di Kelas IV SD

  • Mega Puspita Sari

Abstract

Penelitian pengembangan ini adalah penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan buku ajar tematik integratif (BATI) yang sangat berkualitas dan layak untuk digunakan pada siswa kelas IV SD. Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah model pengembangan 4-D dengan tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek dalam penelitian ini adalah buku ajar yang diujicobakan pada 20 siswa SDN Pasi kelas IV.Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar unsur ketepatan isi mendapatkan nilai rata-rata 95% sehingga dapat dikatakan buku ajar yang dikembangkan berkategori sangat berkualitas.Unsur ketepatan penyajian mendapatkan nilai rata-rata 96% sehingga dapat dikatakan buku ajar yang dikembangkan berkategori sangat berkualitas.Unsur ketepatan kebahasaan mendapatkan nilai rata-rata 91% sehingga dapat dikatakan buku ajar yang dikembangkan berkategori sangat berkualitas.Unsur ketepatan kegrafikan mendapatkan nilai rata-rata 95% sehingga dapat dikatakan buku ajar yang dikembangkan berkategori sangat berkualitas.Selain itu, buku siswa layak untuk diimplementasikan, meliputi setiap pertemuan aktivitas siswa sangat baik. Hasil belajar siswa meningkat dari pretest semua siswa tidak tuntas sedangkan pada postest semua siswa tuntas dan ketuntasan siswa secara klasikal mencapai 100%. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, disimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan sangat berkualitas berdasarkan aspek isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan, sehingga layak untuk diterapkan pada siswa SD

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 7, 2018
How to Cite
SARI, Mega Puspita. Pengembangan Buku Ajar Subtema Aku Bangga Dengan Daerah Tempat Tinggalku Melalui Strategi PQ4R Dengan Pembelajaran Langsung di Kelas IV SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-20, feb. 2018. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/265>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.265.
Section
Articles