Hubungan Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di UPTD Puskesmas Lokotoy

Authors

  • Seftin Sry Arisanty Fakultas Kesehatan, Universitas Widya Nusantara
  • Viere Allanled Siauta Pendidikan Profesi Ners, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayapura
  • Wendi Muhammad Fadhli Fakultas Kesehatan, Universitas Widya Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30587/ijpn.v6i1.6398

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Kepuasan Pasien

Abstract

Kepuasan pasien merupakan tanggung jawab pelayanan kesehatan. Fasilitas dan pelayanan kesehatan yang memenuhi harapan pasien tidak menutup kemungkinan pasien tersebut akan selalu berobat pada pelayanan kesehatan tersebut. Kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi faktor komunikasi interpersonal perawat dalam proses pemberian pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di UPTD Puskesmas Lokotoy. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analitik menggunakan desain Cross-Sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 55 responden, sampel 35 responden dengan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive sampling dan menggunakan Uji Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 35 responden sebagian besar mengatakan komunikasi interpersonal perawat baik dan merasa puas yaitu 21 responden (91,3%) dan komunikasi yang kurang baik dan tidak puas sebanyak 5 responden (71,4%). Hasil analisis Uji Chi Square diperoleh 0,001 p value (<0,005). Sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat Hubungan antara komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di UPTD Puskesmas Lokotoy. Saran bagi UPTD Puskesmas Lokotoy dapat mengadakan pelatihan rutin yang berkaitan dengan komunikasi interpersonal serta melakukan evaluasi kepuasan pasien secara berkala dalam mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dalam pelayanan kesehatan.

References

Afwanna, N, Ibrahim, N & Mardhatillah, 2022, ‘Hubungan Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kopelma Darussalam Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Vol. 1, No. 1, hlm 1 - 5.

Astutik, A, R, Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Studi Di Ruang Melati RSUD Bangil (Skripsi). Pasuruan : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendikia Medika Jombang ; 2018. 103 hal.

Ethyca Sari, Lina Mahayaty, Maharani Puspitasari, 2022, Komunikasi Interpersonal Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap, Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5 (2)

Hasibuan, dkk (2021), Goals And Stages Of Therapeutic Communication, Universitas Medan Area Prodi Ilmu Komunikasi ;19 Juli 2022 (dikutip 16 Juli 2023). Tersedia dari ;

https://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2022/07/19/tujuan-dan-tahap-komunikasi-terapeutik/

Ilkafah. Patient satisfaction towards healthcare quality in Indonesian Public Hospital ; 04 Januari 2022 (dikutip 15 Juli 2023), Tersedia dari :

https://news.unair.ac.id/2022/01/04/kepuasan-pasien-sebagai-indikator-mutu-dalam-pelayanan kesehatan/?lang=id#:~:text=Bila%20pasien%20tidak%20menemukan%20kepuasan,mutu%20pelayanan%20di%20rumah%20sakit.

Iskandar, M, A, Hairuddin & Halim, H, 2020, ‘Komunikasi Interpersonal Tenaga Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien’, Jurnal Ilmiah Umum dan Kesehatan Aisyiyah, Vol. 5, No. 2, hlm 96 - 101.

Kemenkes. Laporan Tahunan Unit Pelayanan Kesehatan Kemenkes Tahun 2021 [internet]. Jakarta; 2021. Tersedia dari :

https://upk.kemkes.go.id/new/download/5f5637ccc86317a6a7fb031fefd56b38.pdf

Listia Sundari, Rohayati Masitoh, Yuni Kurniasih, 2022, ‘Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Hemodialisa RSUD Panembahan Senopati Bantul

Massyat, M Masyhadiah, Reskiawan, 2021, Komunikasi Interpersonal Antara Perawat Dan Pasien Rawat Inap Dalam Pemberian Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Hajja Andi Depu Kabupaten Polewali Mandar, Journal Peqguruang : C

Rani, M, Basalamah, S & Damis, H, 2020, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Perawatan Private Care Center (PCC) RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, Tata Kelola, Vol. 7, No. 2, hlm 96 – 100.

Rusnoto dkk, 2019, “Hubungan Komunikasi dan Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien”, Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, Vol. 10, No. 2, hlm 343 – 348.

Siregar, P, 2022, “Komunikasi Kesehatan Teori dan Aplikasi” CV. Merdeka Kreasi Group, Medan, Dilihat tanggal 24 Agustus 2023.https://www.google.co.id/books/edition/Komunikasi_Kesehatan/T1nJEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Komunikasi+Kesehatan+Teori+dan+Aplikasi+oleh+siregar&pg=PR4&printsec=frontcover

Yolanda dkk, (2021) What is the Importance of Communication in Health Services? Universitas Medan Area Prodi Ilmu Komunikasi ; 07 Oktober 2021 (dikutip 16 Juli 2023). Tersedia dari ;

https://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2021/10/07/apa-pentingnya-komunikasi-dalam-pelayanan-kesehatan/

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Arisanty, S. S., Siauta, V. A., & Fadhli, W. M. (2025). Hubungan Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di UPTD Puskesmas Lokotoy. Indonesian Journal of Professional Nursing, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.30587/ijpn.v6i1.6398

Issue

Section

Articles