Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

  • Yayuk Sofiani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Puji Nur Istiqomah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Siti Muzdalifah SMAN 1 Gresik

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan menyelesaikan masalah yang meliputi kemampuan siswa dalam menganalisis pertanyaan, menfokuskan pertanyaan, mengidentifikasi asumsi, menentukan solusi dari permasalahan dalam soal dan menuliskan jawaban atau solusi dari permasalahan soal, serta menentukan kesimpulan dari solusi permasalahan yang telah diperoleh dan menemukan alternatif lain dalam menyelesaikan masalah. Indikator berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Model pendekatan pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa baik aktifitas berfikir, berperilaku dan berketerampilan dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapi. Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI-6 SMAN 1 Gresik pada semester Genap tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 33 siswa. Pengumpulan data dengan observasi dan tes. Hasil penelitian ini dari 33 siswa sudah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan observasi dan refleksi yang dilakukan guru dan peneliti, pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning telah sesuai dengan yang diharapkan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa dapat melaksanakan pembelajaran dengan model Problem Based Learning dengan baik sehingga berangsur-angsur kemampuan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 15, 2024
How to Cite
SOFIANI, Yayuk; ISTIQOMAH, Puji Nur; MUZDALIFAH, Siti. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Proceeding International Conference on Lesson Study, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 467-474, feb. 2024. ISSN 3030-9115. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/icls/article/view/7395>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/icls.v1i1.7395.