UPAYA MENINGKATKANHASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VII-A
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan Problem-Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari empat siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang terkumpul meliputi data hasil tes, dan observasi pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif untuk melihat perubahan dalam hasil belajar matematika peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pada siklus I rata-rata hasil belajar matematika kelas VII A adalah 74,97 dimana sebanyak 23 peserta didik mendapat nilai ketercapaian tujuan pembelajaran ≥70dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 71,875%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar matematika kelas VII A adalah 81,0625 dimana sebanyak 27peserta didik mendapat nilai ketercapaian tujuan pembelajaran ≥70dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 84,375%.