PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PENGUSAHA MINUMAN DURIAN MELALUI PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN MANAJEMEN PRODUKSI, KEUANGAN DAN PEMASARAN DI KOTA SURABAYA

Authors

  • Riduwan Riduwan Sekolah Tinggi Agama Islam YPWI Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i2.5450

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Pengusaha, Minuman Durian

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat tertentu secara sukarela. Program Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai bentuk kontribusi yang diwujudkan oleh para akademisi demi mendukung program pemerintah berdasarkan perundang-undangan. Memberdayakan kaum perempuan adalah strategi penting dalam meningkatkan peranan kaum perempuan dalam  meningkatkan potensi mereka sehingga mereka mampu berdikari dan bekerja. Kesadaran mengenai peranan kaum perempuan telah mulai berkembang yang di tunjukkan dalam pendekatan program kaum perempuan dalam pembangunan. Ini berdasarkan satu ide mengenai perlunya kemerdekaan bagi kaum perempuan, agar pembangunan dapat di rasakan oleh semua. Oleh karena kaum perempuan adalah sumber manusia yang sangat berharga, kedudukan mereka terlibat dalam pembangunan. Untuk permasalahan di bidang produksi, tim akan memberikan saran dan uji coba  kemasan produk dengan gelas plastik yang di di pres dengan menggunakan alat pres (dilakukan juga oleh mitra),  melakukan konsultasi/ tes laboratorium. Selain itu tim akan memberikan gelas plastik pesanan khusus yang di beri merk agar lebih aman di konsumsi dan tahan lama. Selain itu dengan penyuluhan kebersihan pangan dari kader puskesmas yang juga kader posyandu di Kelurahan Mojo. Untuk permasalahan keuangan, tim akan memberikan Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Pembukuan Sederhana untuk mengetahui perkembangan usaha mereka. Untuk permasalahan di bidang pemasaran, tim akan mengawal mereka membuat label yang modern dan praktis dengan merk yang mereka ciptakan. Lalu mendampingi mereka melalukan pemasaran secara offline dan online agar jangkauan pasar mereka lebih luas. Secara Offline produk tersebut akan dibuatkan poster, banner dan  gelas pesanan khusus, sedangkan secara online akan dilakukan dengan pembuatan kontak whatsapp dan pemasaran melalui market place. Untuk pemasaran online akan didahului dengan Pelatihan dan pendampingan IT yang melibatkan mitra dan anak mitra. Target Luaran adalah solusi atas permasalahan yang mereka hadapi, publikasi ilmiah melalui seminar prosiding PKM CSR, publikasi pada media massa, hak kekayaan intektual, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi, peningkatan pengelolaan keuangan dan pemasaran,  peningkatan penerapan IPTEK, serta peningkatan nilai keperdulian sesama di masyarakat sekitar. Metode yang di gunakan adalah pendampingan personal terhadap mitra. Rencana yang akan dilakukan oleh tim adalah dengan memberikan pelatihan untuk manajemen usaha mereka ( mulai dari proses pengelolaan produksi, pembukuan sederhana,  pemasaran efektif dan inspirasi pengusaha sukses ) dengan mendatangkan para pakar yang kompeten untuk mendongkrak usaha mereka. Setelah itu tim akan mengawal mitra untuk membuat label yang modern dan menarik dengan merek yang mereka ciptakan. Kemudian mendampingi mitra dalam memasarkan produk secara offline dan online agar jangkauan pasar lebih luas. Hasil dari pengabdian ini pendapatan dan kesejahteraan mitra mengalami peningkatan.

 

References

Amanda Celine Eunike dkk, 2021. Restrukturisasi Komprehensif Kopi Ginseng Guna Menghadapi Relevansi Pasar Saat Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 3, No. 2 hal . 201 – 233. Universitas Prasetya Mulya Tangerang, Banten, Indonesia.
Aurelia Pribadi dkk, 2021. Perembangan Strategi Manajemen Usaha pada UMKM Kopiko Kepahiang di Bogor. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 3, No. 2 hal . 286 – 301. Universitas Prasetya Mulya Tangerang, Banten, Indonesia.
Dyah Yunita Hartanti, Mimi Sutrawati, 2021. Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produksi dan Pemasaran Susu Kedelai. Tribute : Journal of Community Services. Vol 2 No 2 hal 71 – 77. Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia.
Erwan Aristyanto, Yuli Ermawati, Aditya Surya Nanda, 2020. PPM Pengusaha Ramuan Herbal di Kelurahan Gadel Kecamatan Tandes Kota Surabaya. Jurnal Prosiding Seminar Nasional PKM CSR Vol 3 Hal 943 – 950. Universitas Wijaya Putra, Surabaya, Indonesia.
Herujito, Yahya M. 2015. Dasar- dasar Manajemen. Jakarta: Gramedia Widya Sarana Indonesia.
Jefree Fahana et al, 2020. Pemberdayaan Usaha Mahasiswa dan Alumni FTI UAD Melalui Digital Marketing untuk Meningkatkan Nilai Bisnis. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 2147-2151. https://doi.org/10.18196/ppm.311.257.
Karen Hacker, 2013. Community Based Participatory Research. Institute for Community Health. Cambridge Health Allience. Harvard Medical School. USA SAGE Publication Inc.
Kotler, P. (2005). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control. In Conflict (pp. 321–334). NJ: PrenticeHall, Inc.
Manullang. M. 2016. Dasar- dasar manajemen
(Yogyakarta: Gajah Mada Univ. Press)
Mulus Sugiharto, Dewi Suprobowati Miskan, 2021. Peningkatan Usaha Minuman Kesehatan Wedangan Kertonyono di Era Pandemi. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Peran Perempuan Sebagai Pahlawan di Era Pandemi Vol 1 Hal 146 – 153. Universitas Wijaya Putra, Surabaya, Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Riduwan, R. (2023). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PENGUSAHA MINUMAN DURIAN MELALUI PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN MANAJEMEN PRODUKSI, KEUANGAN DAN PEMASARAN DI KOTA SURABAYA. DedikasiMU : Journal of Community Service, 5(2), 184–191. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i2.5450

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.