DEMPLOT BUDIDAYA SPIRULINA SKALA SEMI MASSAL SEBAGAI PAKAN TAMBAHAN PADA IKAN KOI (Cyprinus rubrofuscus) DI PONDOK PESANTREN AL-MUNIROH, KECAMATAN UJUNGPANGKAH GRESIK

  • Aminin Aminin Universitas Muhammadiyah GREsik
  • Nur Maulida Safitri Universitas Muhammadiyah GREsik
  • Hendra Setiawan Hariyanto Universitas Muhammadiyah GREsik
  • Nur Sa'diyah Nur Sa'diyah Universitas Muhammadiyah GREsik

Abstract

Pondok pesantren Al-Muniroh terletak di Kecamatan Ujungpangkah dan memiliki suatu kegiatan yang tergolong unik, yaitu pembudidayaan ikan koi. Namun Selama pemeliharaan 2-3 tahun, Koi yang dipelihara pertumbuhan cenderung lambat dengan warna yang kurang menarik, sehingga tidak memiliki nilai ekonomis. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan warna ikan dapat dilakukan dengan pemberian pakan tambahan yang berasal dari Spirulina spp. Jenis alga cyanophyta ini dikenal memiliki karotenoid yang cukup tinggi sehingga diharapkan dapat memperbaiki warna ikan koi menjadi lebih cerah merata dalam waktu yang singkat. Melalui Program pengabdian kepada masyarakat internal yang dilaksanakan oleh program studi Budidaya Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Gresik para santri pondok akan mendapatkan pengetahuan cara budidaya spirulina secara lengkap. Kegiatan pertama adalah pemberian materi cara budidaya spirulina secara laboratorium, semmi massal dan massal. Kegiatan Kedua berupa Demplot Budidaya Spirulina Skala Semi Massal Sebagai Pakan Tambahan pada ikanĀ  Koi (Cyprinus rubrofuscus. Kegiatan bertujuan dapat meningkatkan daya jual ikan koi milik pondok pesantren Al-Muniroh pada masyarakat lokal, terutama area Gresik Utara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 1, 2022
How to Cite
AMININ, Aminin et al. DEMPLOT BUDIDAYA SPIRULINA SKALA SEMI MASSAL SEBAGAI PAKAN TAMBAHAN PADA IKAN KOI (Cyprinus rubrofuscus) DI PONDOK PESANTREN AL-MUNIROH, KECAMATAN UJUNGPANGKAH GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 272-281, sep. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/4136>. Date accessed: 22 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i3.4136.
Section
Articles