Green Psychology Serta Brain Gym Pada Siswa-Siswi Mi Ma’arif NU 05 Daun Iii Dan Sdn 2 Daun Sangkapura Gresik

Authors

  • Wenti Krisnawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Eka Wahyu NFS Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Farrikh Dzuhriawan Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v1i1.1104

Keywords:

Behaviour, Green Psychology, Brain Gym

Abstract

Merubah perilaku seseorang memang tidak mudah, apalagi jika sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal banyak sekali hal-hal positif yang diperoleh dari menjaga kebersihan dan kesehatan yang secara tidak langsung memberikan pengaruh yang baik pada individu dan lingkungan. Akan tetapi, rasa malas dan remeh dalam menjaga kebersihan dan kesehatan dapat memberikan dampak yang buruk terutama pada lingkungan. Oleh karena itu, tujuan diadakannya program ini adalah diharapkan untuk dapat merubah perilaku menjadi lebih baik dan membiasakan sejak dini untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan serta peduli dengan lingkungan. Selain itu, brain gym juga perlu untuk diterapkan sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Sehingga pelajar dapat lebih berkonsentrasi, bersemangat, dan lebih rileks dalam mengikuti kegiatan. Pelaksanaan psikoedukasi dan brain gym ini dilakukan 2 kali ditempat yang berbeda-beda. Pelaksanaan yang pertama dilakukan pada hari Rabu, 31 Juli 2019 bertempat di SDN 2 Daun. Sedangkan, untuk pelaksanaan yang kedua dilakukan pada hari Kamis, 01 Agustus 2019 bertempat di MI Ma’arif NU 05 Daun III.

References

Nuraini, & Ardian, I. (2018). Efektivitas Senam Otak dan Senam Vitalisasi Otak dalam Meningkatkan Fungsi Kognitif Lansia Di Unit Rehabilitasi Sosial Pucang Gading Semarang. NurseLine Journal, 3(1), 38-45.
Nuryana, A., & Purwanto, S. (2010). Efektivitas Brain Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12(01), 88-98.
Palupi, T., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Antara Sikap dengan Perilaku Pro-Lingkungan Ditinjau dari Perspektif Theory of Planned Behaviour. 14, 214- 217.
Pane, M. M. (2013). Psikologi "Hijau" (Green Psychology) sebagai Alternatif untuk Peningkatan Kesejahteraan Psikologis Masyarakat Perkotaan. Humaniora, 4(1), 411-421.
Sariana, N., Afiif, A., & Kusyairy, U. (2017). Pengaruh Penerapan Brain Gym Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 5, 82-88.
Taryatman. (2016). Budaya Hidup Bersih dan Sehat Di Sekolah Dasar untuk Membangun Generasi Muda yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(1), 8-13.
Wibowo, I. (2009). Pola Perilaku Kebersihan: Studi Psikologi Lingkungan Tentang Penanggulangan Sampah Perkotaan. Makara, Sosial Humaniora, 13, 37-47.
Yuliati, & Hidayah, N. (2017). Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Fungsi Kognitif pada Lansia Di RT 0 RW 01 Kelurahan Tandes. 10(1), 88-95.

Downloads

Published

2019-12-19

How to Cite

Krisnawati, W., NFS, E. W., & Dzuhriawan, F. (2019). Green Psychology Serta Brain Gym Pada Siswa-Siswi Mi Ma’arif NU 05 Daun Iii Dan Sdn 2 Daun Sangkapura Gresik. DedikasiMU : Journal of Community Service, 1(1), 73–86. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v1i1.1104

Issue

Section

Articles