Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran

  • Lina Novita Universitas Pakuan Bogor
  • Anggun Novianty Universitas Pakuan Bogor

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen quasi yang terdiri dari media animasi sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajarn audio visual animasi terhadap hasil belajar subtema benda tunggal dan campuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Leuwiliang 01 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 27 butir soal dengan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,770. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian dengan uji t, maka terdapat pengaruh dari penggunaan media animasi terhadap hasil belajar subtema benda tunggal dan campuran diperoleh N-Gain 70 dengan ketuntasan hasil belajar 100% sedangkan kelompok kelas kontrol diperoleh N-Gain 52 dengan ketuntasan hasil belajar 80,5%. hasil pengujian hipotesis pada kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol meyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung ­> ttabel ­(4,6436>1,6675). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar subtema benda tunggal dan campuran di kelas V Sekolah Dasar Negeri Leuwiliang 01 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 7, 2020
How to Cite
NOVITA, Lina; NOVIANTY, Anggun. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 46-53, jan. 2020. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/1127>. Date accessed: 15 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1127.
Section
Articles