PENGGUNAAN MEDIA POSTER PADA MINAT BELAJAR SISWA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH I DRIYOREJO
PENGGUNAAN MEDIA POSTER PADA MINAT BELAJAR SISWA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH I DRIYOREJO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk Mendeskripsikan penggunakan media, mendeskripsikan aktifitas guru dalam menerapkan media poster, mendeskripsikan respon siswa tentang penggunaan media poster, dan untuk mendeskripsikan kendala siswa menggunakan media poster di SD Muhammadiyah 1 Driyorejo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu upaya menyajikan data dan fakta aktual terkait penggunaan poster dalam kaitannya dengan minat belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah 1 Driyorejo melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapad di hasilkan dalam bentuk observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan peneliti terhadap guru dan siswa kelas III SD Muhammadiyah 1 Driyorejo. Peneliti dapat mengumpulkan data penggunaan materi tampilan dalam materi pendidikan perubahan iklim melalui, mengamati dan mewawancarai proses belajar mengajar guru. Disajikan dalam bentuk gambaran aktivitas guru saat menggunakan bahan pajangan bersama siswa, sehingga peneliti dapat mengetahui reaksi siswa saat menggunakan bahan pajangan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster mendapat hasil yang baik dan sangat memuaskan, aktivitas guru dalam menerapkan media poster juga baik, respon siswa tentang penggunaan media poster sangat antusias, dan ada sedikit kendala yang di hadapi siswa menggunakan media poster bahwa terdapat beberapa siswa yang kurang faham terhadap materi yang sudah dijelaskan dikarenakan siswa bermain sendiri dan kurang mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru.