PENERAPAN SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONALITAS GURU
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTS) ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang
mempengaruhi dan solusinya dalam implementasi model supervisi klinis untuk meningkatkan
kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional Guru SMP Negeri 15 Lubuklinggau.
Metode penelitian yang digunakan: (1) Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field
research) dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan rancangan
tunggal situs, (2) Tempat penelitian SMP Negeri 15 Lubuklinggau, (3) teknik pengumpulan
data lebih pada observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi, (4) Peneliti
menganalisis data dengan analisis situs tunggal yang meliputi pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan, (5) Untuk memeriksa validitas data, peneliti
melakukan perpanjangan waktu penelitian, triangulasi, mengumpulkan banyak referensi,
mengkaji ulang data yang dibuktikan, dan melakukan klarifikasi kepada subjek penelitian. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi
pedagogik dan kompetensi profesional guru. Pada SMP Negeri 15 Lubuklinggau yaitu sebelum
mengadakan supervisi klinis, terlebih dahulu membuat perencanaan dalam melaksanakan
supervisi klinis guna membantu guru mengembangkan kemampuan mengelola proses
pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Menciptakan suasana intim antara
supervisor dengan guru sebelum langkah-langkah selanjutnya dibicarakan, memperbincangkan
rencana pelajaran serta tujuan pelajaran, mengajar yang akan di observasi dan dicatat selama
pelajaran berlangsung
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.