HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SISTEM POIN PELANGGARAN DENGAN TINGKAT PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

Authors

  • Nur Rochma Novia Indah

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v11i1.634

Keywords:

Persepsi, Sistem Poin Pelanggaran, Perilaku Disiplin Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi terhadap sistem poin pelanggaran dengan tingkat perilaku disiplin siswa di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Gresik tahun pelajaran 2014-2015. Untuk mengukur persepsi terhadap sistem poin pelanggaran menggunakan pilihan jawaban Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai (TS), dan Sangat Tidak Sesuai (STS). Sedangkan untuk mengukur perilaku disiplin siswa menggunakan pilihan jawaban Sangat Sering (SS), Sering (S), Pernah (P), dan Tidak Pernah (TP).Untuk menguji validitas skala menggunakan validitas isi (Content Validity). Reliabilitas diuji dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach dan perhitungannya menggunakan program SPSS 15.0 for Windows. Data kedua variabel diolah dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan r hitung = 0,327 lebih besar daripada r tabel yaitu sebesar 0,1723 yang berarti signifikan. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi terhadap sistem poin pelanggaran dengan tingkat perilaku disiplin siswa di SMA Muhammadiyah 1 Gresik.

Downloads

Published

2018-10-23

How to Cite

Novia Indah, N. R. (2018). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SISTEM POIN PELANGGARAN DENGAN TINGKAT PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 11(1), 30–39. https://doi.org/10.30587/psikosains.v11i1.634

Issue

Section

Original Research

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.