Gambaran Perbedaan Reaksi Stres Anak Pra Taman Kanak-Kanak (PRA TK) Yang Mengikuti Les Calistung (Membaca, Menulis, Dan Berhitung) Dan Tidak Mengikuti Les Calistung (Membaca, Menulis Dan Berhitung)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui gambaran perbedaan reaksi stres anak Pra Taman Kanak-Kanak (PRA TK) yang mengikuti les calistung (membaca menulis & berhitung) dan tidak mengikuti les calistung (membaca menulis & berhitung). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus intrinsik. Subjek penelitian sebanyak 4 orang, dengan karakteristik: anak pra TK (3-4 tahun) yang mengikuti les calistung minimal 2 bulan dan anak pra TK (3-4 tahun) tidak mengikuti les calistung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan pedoman umum, observasi non partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meyimpulkan bahwa kedua kelompok memiliki faktor penyebab stres yang berbeda. Gambaran stres yang dialami kedua kelompok adalah pada ciri kognitif (sulit berkonsentrasi) dan ciri fisik (cepat sakit) kedua kelompok memiliki persamaan reaksi stres. Sedangkan pada ciri perilaku dan ciri psikis kedua kelompok memiliki reaksi stres yang berbeda.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.