Motivasi Siswa Dalam Memilih Program Studi Di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4564Keywords:
Motivasi, Program Studi, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi siswa dalam memilih program studi di Perguruan Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologis, responden atau sampel penelitian ini peneliti mengambil lima siswa kelas XII IPA SMA Semen Gresik secara acak sederhana, khususnya yang mengikuti kegiatan belajar (les privat). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode wawancara dengan kuisioner terbuka dan analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif, kredibilitas datanya menggunakan member checking. Hasil penelitian melalui tiga aspek motivasi menunjukkan bahwa, kelima subjek telah berupaya untuk merealisasikan keinginan atau cita-cita, kemampuan, kesukaan, ketertarikan, passion dan ingin membuktikan bahwa peran guru BK, teman, status sosial ekonomi orang tua (terutama pendidikan dan penghasilan orang tua), lingkungan keluarga (orang tua) serta lingkungan sekolah (guru) dapat mengantarkan pada masa depannya.
References
Beggs, J. M., Bantham, J. H., & Taylor, S. 2008. Distinguishing the factors influencing college students choire of major. Project Innovation (Alabama), 42(2).
Bungin. 2008. Analisa Data Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Burhan, B. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Cardumer, J., Padak, G. M., Reynolds, J. 2011. Exploratory honors students: academic major and career decision making. NACADA Journal,31(1).
Crow, Lester. D dan Crow, Alice. 1998. Psikologi Pendidikan, Terjemahan Z Kassijan. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud dan PT. Rineka Cipta
Edmonds, J. 2012. Factors influencing choice of college major: what really makes a difference? Thesis and Dissertations of Rowan Univerrsity.
Emzir. 2012. Analisa Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawrftali.
Ginting, Cipta. 2003. Kiat Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta. Grasindo
Hamalik, Oemar. 2015, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, B. Uno. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta. Bina Aksara.
Hurlock, Elizabeth. 2010. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
John Vaizey.1992. Pendidikan di Dunia Modern. Jakarta: Penerbit Gunung Agung
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 2017. Statistik Pendidikan Tinggi Tahun 2017. Jakarta: Pusdatin Iptek Dikti, Setjen, Kemenristekdikti.
Koentjaraningrat. 1997, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta, Gramedia.
M. Ngalim Purwanto. 2014. Psikologi Pendidikan, Bandung, Karya Remaja C.V.
_______. 2006. Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya
Madjid, 2013, Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Malgwi.C, A., Howe, M. A., &Burnaby. P. A. 2005. Influences on students choice of college major. Journal of Education for Business, 80(5), 275-282. doi: 10.3200/JOEB. 80-5. 275-282
Moh. Uzer Uzman. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moloeng,(exy). 2007, Metodologi penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nugrahini. AK. 2018, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Jurusan Dan Kepuasan Dalam Menjalani Jurusan Di Perguruan Tinggi. Skripsi: Universitas Sanata Dharma
(Online) Mahasiswa Menentukan Pilihan Jurusan di Perguruan Tinggi Didominasi oleh Orang Tua (http://www.republika co.id) diakses 23 Feb. 2016.
(Online) Metode penelitian Kualitatif: Pengertian Menurut Ahli, Jenis-Jenis dan Karakteristiknya. (http://penerbitdeepublish.com) diakses 1 Juli 2021.
Philip Robinson. 1986, Sosiologi Pendidikan, Jakarta, Rajawali
S. Nasution. 2014. Azas Azas Kurikulum, Jakarta, Bumi Aksara.
Sadirman A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Sahidi. 2019. Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Diploma III Perpustakaan di Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Iqra’ Volume 13 No. 2 / Oktober.
Santrock, J. W. 2002. Life Span Development (edisi 5 buku jilid II). Jakarta: Salemba Humanika.
Singarimbun, Masri. 2018. Metode Penelitian Survai, Jakarta, LP3ES.
Slameto 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Bumi Aksara.
Lestari. S. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat siswa terhadap Pemilihan Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Sri Mulyani Martaniah. 2006. Motif Sosial Remaja SMA Jawa dan Keturunan Cina, Yogyakarta, UGM.
Supratiknya, A. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dalam Psikologi. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Suryabrata Sumadi. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Grafindo Persada.
Winardi. 2002. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zirmansyah. 2013. Persepsi dan motivasi Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia terhadap Pembelajaran Mata Kuliah universitas. Jurnal Al Azhar Indonesia seri Humaniora. Vol.2,No.2 Se Perguruan Tinggi Jember 2013.