Sosialisasi Dan Pelatihan Pembuatan Ecoenzym Sebagai Upaya Dalam Pengelolaan Limbah Sampah Organik Rumah Tangga di Desa Randuboto

  • Diani Octaviyanti Handajani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Widiharti Widiharti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Bernica Intan Arya Putri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Wahyu Indra Dwiki Rahardian Syah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Fawni Syahrurizaldi Ahmad Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Sampah merupakan bahan dari sisa pemprosesan yang tidak memiliki nilai guna. Sampah organik merupakan sampah yang memiliki 68 persen yang dimana proses penguraian sampah organik membutuhkan waktu yang lama. Sampah organik rumah tangga merupakan salah satu penyumbang sampah yang besar , ntuk itu diperlukan cara untuk menguranggi sampah rumah tangga tersebut, Salah satu penggurangan sampah organik yaitu dengan menggunakan eco enzyme yang diperkenalkan oleh Rosukon Poompavong dari thailand. Ecoenzyme memiliki beragam manfaat yang terdapat pada hasil fermentasi eco enzyme. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan dilaksanakan di balai desa Randuboto dengan sasaran pelatihan yaitu ibu PKK pada tanggal 2 februari 2024. Sebelum memulai kegiatan dilakukan tahap persiapan, tahap sosialisasi, tahap pelatihan dan tahap evaluasi. Tahap persiapan adalah dengan mengumpulkan bahan untuk pembuatan ecoenzyme yaitu kulit buah atau sayur, molase dan air serta wadah untuk pembuatan eco enzyme. Tahap sosialisasi yaitu memberikan edukasi ecoenzyme kepada audience yaitu ibu-ibu PKK desa Randuboto. Tahap pelatihan yaitu dengan memberikan tata-cara membuat ecoenzyme. Tahap evaluasi ditujukan kepada audience untuk mempersilahkan bertanya terkait apa itu ecoenzyme serta praktek pembuatanya. Tujuan akhir dari pelaksanaan program pemberdayaan ini yaitu diharapkan dapat mengolah sampah organic hasil sisa memasak yang sudah tidak digunakan seperti potongan sayuran ataupun buah-buahan untuk menjadi produk yang bermanfaat. Hal ini dilakukan karena untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan untuk menjaga kebersihan lingkungan di Desa Randuboto.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 20, 2024
How to Cite
HANDAJANI, Diani Octaviyanti et al. Sosialisasi Dan Pelatihan Pembuatan Ecoenzym Sebagai Upaya Dalam Pengelolaan Limbah Sampah Organik Rumah Tangga di Desa Randuboto. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 199-204, june 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/7910>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i2.7910.
Section
Articles