PENDIDIKAN SENI TARI TRADISIONAL DAN TARI MODERN UNTUK MENINGKATKAN BAKAT ANAK DI DESA LABUHAN

  • Putri Hidayatul Isnaini Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Khofifah Hidayatul Rosyadah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Lutfiah Fairuz Zahro Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Diani Octaviyanti Handajani Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Keterampilan menari merupakan salah satu seni yang efektif untuk membangkitkan minat siswa terhadap bakat. Yang menjadi acuan dalam pengajaran tari tradisional dan modern dalam rangka meningkatkan minat dan bakat siswa yaitu dengan menunjukkan cara-cara tari yang benar dan mudah ditiru sehingga siswa tidak merasa kesuliatan untuk mengikutinya jika langsung di langsung dihadapkan dengan serangkaian tarian. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik, meningkatkan kecintaan terhadap tanah air, dan bakat terhadap seni tari tradisional dan melestarikan tari yang lambat laun semakin hilang seiring berjalannya waktu. Berdasarkan hasil pelaksanaan pelatihan tari tradisional dan tari modern pada kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN PGSD UMG, maka dapat disimpulkan bahwah kegiatan pengabdian masyarakat ini terlaksana dengan baik, tidak menemui kesulitan dan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah peserta didik yang mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir pertemuan tetap sama yaitu sebanyak 12 peserta didik, serta peran tim pengabdi yang mengkoordinasikan dengan baik selama pelaksanaan kegiatan pengabdian. Pelatihan yang dilakukan juga mendapat tanggapan yang sangat positif dari kepala sekolah, kepala sekolah, siswa dan masyarakat desa Labuhan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 26, 2023
How to Cite
ISNAINI, Putri Hidayatul et al. PENDIDIKAN SENI TARI TRADISIONAL DAN TARI MODERN UNTUK MENINGKATKAN BAKAT ANAK DI DESA LABUHAN. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 200-203, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6637>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6637.
Section
Articles