Sosialisasi Dasar Obat, Tanaman Obat Keluarga (Toga), Dan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Anak Sekolah Dasar Di UPT SD Negeri 2 Gresik Keluraran Karangturi, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik

  • Widiharti Widiharti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nuning Khurotul Afi’da Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Adita Eka Yuniar indonesia
  • Hidayatul laily Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Thania Dita Salma Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat menjadi hal yang sangat penting untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik. Salah satu strategi untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat adalah dengan memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih yang dimulai dari tingkat keluarga, lingkungan dan masyarakat luas. Tujuan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini adalah agar masyarakat memiliki kesadaran tinggi dan potensi diri untuk menjaga kesehatan melalui pengenalan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), TOGA (Tanaman Obat Keluarga), dan Obat beredar di masyarakat. Sehingga pendidikan terkait dengan dasar–dasar obat, macam-macam jenis obat, dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sudah mulai diterapkan sedini mungkin mulai jenjang sekolah dasar. Ini juga yang dirasakan oleh Siswa UPT SD Negeri 2 Gresik yang berlokasi di Kelurahan Karangturi sehingga menjadi peluang besar Mahasiswa KKN Universitas Muhamadiyah Gresik dalam mengenalkan ilmu tentang kesehatan demi meningkatkan kepada masyarakat pentingnya kesehatan dalam kehidupan sedini mungkin. Metode yang digunakan meliputi: Fun Learning dengan materi yang menarik siswa untuk menyimak dan memahami secara seksama terkait kesehatan, praktek dimana siswa diminta untuk memperagakan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Kegiatan ini secara langsung memberikan manfaat untuk meningkatkan pemahaman tentang kesehatan pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 14, 2024
How to Cite
WIDIHARTI, Widiharti et al. Sosialisasi Dasar Obat, Tanaman Obat Keluarga (Toga), Dan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Anak Sekolah Dasar Di UPT SD Negeri 2 Gresik Keluraran Karangturi, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 85-90, june 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/7872>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i2.7872.
Section
Articles