APLIKASI METODE LEAN UNTUK MENDETEKSI DAN MEREDUKSI PEMBOROSAN PADA SISTEM PRODUKSI INSTALASI PENJERNIHAN AIR MINUM NGAGEL III (STUDI KASUS PDAM KOTA SURABAYA)

  • I.G.A Sri Deviyanti

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) adalah salah satu perusahaan daerah dengan kegiatan pokok melayani dan menyediakan air bersih kepada masyarakat melalui sistim perpipaan. Perusahaan Daerah Air Minum kota Surabaya merupakan perusahaan pemerintah yang mempunyai tanggung jawab terhadap pengelolaan air untuk dikonsumsi masyarakat Surabaya. Agar masyarakat dapat menikmati air bersih yang terjamin kualitas dan kuantitasnya Perusahaan Daerah Air Minum harus meningkatkan performansinya dan salah satu caranya adalah dengan melakukan effisiensi yaitu dengan mengurangi aktivitas non value added yang sebenarnya merupakan pemborosan. Metode Lean merupakan sebuah filosofi yang mencoba untuk mengeliminir segala bentuk pemborosan yang terjadi dalam aliran nilai. Penelitian diawali dengan memahami karakteristik system secara umum dan menggambarkan Big Picture Mapping. Selanjutnya mengaplikasikan waste workshop untuk mengidentifikasikan waste yang terjadi dengan menggunakan tool yang terpilih. Proses pemilihan tool ini dengan menggunakan metode Value Stream Analysis Tool untuk mendapatkan tool mana yang tepat dalam proses mapping tool yang terpilih adalah process activity mapping. Pemborosan yang terjadi selanjutnya di analisa untuk mencari akar penyebab pemborosan. Bentuk rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini ditujukan untuk mereduksi akar penyebab pemborosan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 3, 2018
How to Cite
DEVIYANTI, I.G.A Sri. APLIKASI METODE LEAN UNTUK MENDETEKSI DAN MEREDUKSI PEMBOROSAN PADA SISTEM PRODUKSI INSTALASI PENJERNIHAN AIR MINUM NGAGEL III (STUDI KASUS PDAM KOTA SURABAYA). Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 60-65, july 2018. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/391>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v11i1.391.
Section
Articles