SISTEM ANTRIAN PADA WAKTU TUNGGU PELAYANAN DI BENGKEL PINATIH JAYA MOTOR DENGAN METODE SIMULASI MENGGUNAKAN SOFTWARE ARENA
Abstract
Bengkel Pinatih Jaya Motor adalah usaha dibidang jasa service motor dengan segala merek motor. Ketidaksesuaian bengkel dengan kriteria keinginan pelanggan menjadi salah satu kendala peningkatan kualitas bengkel tersebut. Akibat pelayanan bengkel yang bertentangan dengan keinginan pelanggan, pelanggan merasa tidak puas terhadap pelayanan tersebut dan dapat menyebabkan pelanggan beralih ke pelayanan lain yang memenuhi kriteria pelanggan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni menggunakan metode Simulasi dengan menggunakan software Arena. Model antrian yang dibuat terdiri atas model awal dan model usulan perbaikan. Dari beberapa model sekenario perbaikan yang dibuat mendapatkan sebuah hasil yang berbeda-beda. Untuk model sekenario menghasilkan perhitungan skenario 1 µ1µ2 ≤ -7,14 ≤ 10,86, lalu model skenario 2 µ1µ2 ≤ -6,77 ≤ 11,23 dan model skenario 3 µ1µ2 ≤ -7,19 ≤ 10,81. Untuk ketiga skenario didapatkan H0 diterima karena 0 berada di rentang confidenc interval. Jadi skenario yang terpilih adalah skenario 3.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.