ANALISIS SIMULASI MODEL PADA SISTEM ANTRIAN BENGKEL MOTOR DI CV. XYZ DENGAN SIMULASI ARENA
Abstract
CV. XYZ ialah satu diantara badan usaha yang bergerak di bidang jasa atau pelayanan service kendaraan khususnya motor. Selain bergerak dibidang pelayanan jasa, juga bergerak dibidang penyediaan spare part (suku cadang). Dimana konsumen yang datang guna melakukan perbaikan sepeda motor, harus melakukan pendaftaran terdahulu dalam bagian rregistrasi selanjutnya konsumen mengantri apabila ketika waktu itu fasilitas pelayanan (mekanik) tengah memiliki kesibukan. Berdasarkan hasil pengamatan antrian terjadi ketika fasilitas pelayanan mekanik sedang sibuk, sehingga alternatif penyelesaian adalah menambahkan 1 modul mekanik pada fasilitas pelayanan service. Tujuan penelitian ini yaitu memberikan model skenario usulan yang optimal sehingga dapat mengurangi anrian customers saat service. Dari hasil simulasi model terpilih yaitu model usulan skenario ke 1 bahwa penambahan 1 modul mekanik pada bagian proses layanan service dapat mengurangi waktu antrian customers, sehingga diketahui rata-rata waktu tunggu pelayanan service mekanik yaitu mekanik 1 0,99 dan mekanik 2 (1.0). Jadi dapat disimpulkan jika model skenario usulan ke 1 sangat optimal
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.