ANALISIS SIMULASI MODEL PADA SISTEM ANTRIAN BENGKEL MOTOR DI CV. XYZ DENGAN SIMULASI ARENA

  • Oqni Huda Nur Qodzbari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Deny Andesta Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

CV. XYZ ialah satu diantara badan usaha yang bergerak di bidang jasa atau pelayanan service kendaraan khususnya motor. Selain bergerak dibidang pelayanan jasa, juga bergerak dibidang penyediaan spare part (suku cadang). Dimana konsumen yang datang guna melakukan perbaikan sepeda motor, harus melakukan pendaftaran terdahulu  dalam bagian  rregistrasi  selanjutnya konsumen mengantri apabila ketika waktu itu fasilitas  pelayanan  (mekanik)  tengah memiliki kesibukan. Berdasarkan hasil pengamatan antrian terjadi ketika fasilitas pelayanan mekanik sedang sibuk, sehingga alternatif penyelesaian adalah menambahkan 1 modul mekanik pada fasilitas pelayanan service.  Tujuan penelitian ini yaitu memberikan model skenario usulan yang  optimal sehingga dapat mengurangi anrian customers saat service. Dari hasil simulasi model terpilih yaitu model usulan skenario ke 1 bahwa penambahan 1 modul mekanik pada bagian proses layanan service dapat mengurangi waktu antrian customers, sehingga diketahui rata-rata waktu tunggu pelayanan service mekanik yaitu mekanik 1 0,99 dan mekanik 2 (1.0). Jadi dapat disimpulkan jika model skenario usulan ke 1 sangat optimal

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 31, 2023
How to Cite
HUDA NUR QODZBARI, Oqni; ANDESTA, Deny. ANALISIS SIMULASI MODEL PADA SISTEM ANTRIAN BENGKEL MOTOR DI CV. XYZ DENGAN SIMULASI ARENA. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 91-98, oct. 2023. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/6715>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v4i1.6715.
Section
Articles