USULAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN KERUPUK PADA UKM “DWI PUTRA” GRESIK DENGAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks)

Authors

  • Agus Ari Kurniawan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Elly Ismiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Dzakiyah Widyaningrum Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/justicb.v1i2.2603

Keywords:

SWOT, Matriks IFE-EFE dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix

Abstract

UD. Dwi Putra merupakan salah satu UKM yang bergerak dibidang pembuatan kerupuk bawang. Dalam proses pemasaran produknya UD. Dwi Putra mengalami permasalahan, yaitu ketidaksatabilan dalam penjualan. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT Matriks IFE-EFE dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dengan pendekatan Matriks IFE-EFE untuk mengidentifikasi faktor-faktor Internal dan Eksternal yang berpengaruh dalam penjualan produk. Tujuan dari Matriks IFE-EFE untuk mngetahui nilai peringkat dan nilai bobot untuk diteruskan pada metode berikutnya yaitu QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). Dari metode diatas diperoleh hasil strategi pemasaran produk kerupuk bawang yaitu terdapat di kelas Lima yang mana pada kelas ini yaitu strategi mempertahankan dan memelihara (hold and maintain). Kelas tersebut berasal dari nilai total skor bobot matrik IFE (2,388) dan nilai total skor bobot matriks EFE (2,367).

Downloads

Published

2021-05-03

How to Cite

Kurniawan, A. A., Ismiyah, E., & Widyaningrum, D. (2021). USULAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN KERUPUK PADA UKM “DWI PUTRA” GRESIK DENGAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 1(2), 205–215. https://doi.org/10.30587/justicb.v1i2.2603

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.