EFEKTIVITAS BISNIS STARTUP DIGITAL PT. JOJO NOMIC INDONESIA DALAM NILAI KEUNTUNGAN DAN IBADAH ERA COVID-19

  • Lutfi Nur Agustian Universitas Trisakti
  • Roikhan Mochamad Aziz UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas kinerja PT. Jojo Nomic Indonesia, sebuah startup (perusahaan rintisan) di bidang teknologi, dengan metode DEA dan nilai keislaman yang dicerminkan dari nilai sholat para karyawannya selama periode 2016-2019 serta melihat pengaruh variabel input dan variabel output terhadap tingkat pertumbuhan perusahaan. Studi kasus yang menjadi objek penelitian ini yaitu pada PT. Jojo Nomic Indonesia. Adapun variabel input yang digunakan yaitu Akumulasi Jumlah Pelanggan Baru dan Renewal dan Jumlah Leads (Potential Customer) Masuk. Sedangkan variabel output-nya yaitu Pendapatan Operasional. Nilai keislaman yang digunakan yaitu bobot nilai ibadah sholat yang diambil dari penilaian keseharian ibadah pegawai selama rentang waktu 2016-2019. Pengaruhnya terhadap efektivitas kinerja dapat dilihat menggunakan perhitungan nilai refleksivitas ibadah. Hasil penelitian ini menunjukan dari data efektivitas kinerja karyawan dapat disimpulkan bahwa peningkatan efektivitas kinerja karyawan sejalan dengan peningkatan yang terjadi pada bobot nilai dalam ibadahnya. Hal ini tercermin dari nilai refleksivitas ibadah dalam kinerja karyawan yang sejak tahun 2016-2019 selalu meningkat angkanya. Puncaknya terjadi pada tahun 2019, di mana efektivitas kinerja yang dilihat dari variabel output (pendapatan operasional) mencapai titik maksimal 100% sejalan dengan adanya peningkatan yang juga cukup signifikan dalam bobot nilai ibadah karyawan menjadi 90%. Sehingga dapat dihitung nilai refleksivitasnya berada di persentase 90%. Dengan kata lain, nilai ibadah sholat cenderung berpengaruh besar terhadap peningkatan efektivitas kinerja karyawan di PT. Jojo Nomic Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 1, 2020
How to Cite
AGUSTIAN, Lutfi Nur; AZIZ, Roikhan Mochamad. EFEKTIVITAS BISNIS STARTUP DIGITAL PT. JOJO NOMIC INDONESIA DALAM NILAI KEUNTUNGAN DAN IBADAH ERA COVID-19. Jurnal Riset Entrepreneurship, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1-9, aug. 2020. ISSN 2621-153X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jre/article/view/1423>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jre.v3i2.1423.
Section
Articles