HUBUNGAN PELATIHAN DAN PENGAWASAN DENGAN PELAKSANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI BALAI BESAR LABORATORIUM KESEHATAN SURABAYA

  • Siti Makrifah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sestiono Mindiharto Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pelatihan dan pengawasan dengan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitic correlational dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan random sampling dan pengumpulan data melalui lembar kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji Spearman. Hasil penelitian berdasarkan uji Spearman menunjukkan terdapat hubungan antara pelatihan (p=0,000) spearman correlation 0,635 dan pengawasan (p=0,000) spearman correlation 0,741 dengan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif pelatihan dan pengawasan dengan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 23, 2022
How to Cite
MAKRIFAH, Siti; MINDIHARTO, Sestiono. HUBUNGAN PELATIHAN DAN PENGAWASAN DENGAN PELAKSANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI BALAI BESAR LABORATORIUM KESEHATAN SURABAYA. Journal of Public Health Science Research (JPHSR), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-11, aug. 2022. ISSN 2716-4845. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jphsr/article/view/4440>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jphsr.v2i2.4440.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)