The Influence of Service Quality, Price and Delivery Accuracy on Customer Satisfaction at PT YZ

  • Fitria Wulandari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh Agung Surianto Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk secara sistematis mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan di PT YZ di Pulau Jawa. Faktor-faktor tersebut termasuk kualitas pelayanan, harga, dan ketepatan pengiriman. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, yang memungkinkan pengukuran yang lebih objektif terhadap variabel-variabel yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel Slovin, menghasilkan 146 distributor sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert. Non Probability Sampling digunakan sesuai dengan karakteristik populasi yang relevan. Analisis dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 25. Hasil menunjukkan variabel kualitas pelayanan dan harga tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan (masing-masing dengan nilai statistik 0.499 dan 0.340 > 0.05). Namun, variabel ketepatan pengiriman berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (nilai statistik 0.000 < 0.05), menandakan perannya yang penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di PT YZ.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 7, 2024
How to Cite
WULANDARI, Fitria; SURIANTO, Moh Agung. The Influence of Service Quality, Price and Delivery Accuracy on Customer Satisfaction at PT YZ. INNOVATION RESEARCH JOURNAL, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 51-58, june 2024. ISSN 2721-6675. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/innovation/article/view/7789>. Date accessed: 23 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/innovation.v5i1.7789.
Section
Articles