Tanamkan Empati Sejak Dini Melalui Sosialisasi Stop Bullying dengan Menggunakan Animasi Briyani di UPT SDN 290 Gresik
DOI:
https://doi.org/10.30587/ijcdh.v5i02.9704Keywords:
Bullying, Sekolah Dasar, SosialisasiAbstract
Permasalahan bullying di Sekolah Dasar merupakan masalah sosial yang berdampak serius untuk psikologis korban. Bullying umumnya dilakukan pelaku dengan maksud melukai atau menakuti korban. Kasus bullying didominasi adanya faktor keluarga (mencari perhatian di lingkungan luar rumah supaya mendapat pengakuan) dan teman sebaya (tekanan karena senioritas dalam suatu kelompok). Tujuan dari program sosialisasi di UPT SDN 290 Gresik ialah meningkatkan kesadaran siswa mengenai risiko bullying, adanya perubahan sikap positif (saling menghargai antar individu) dan menolak segala bentuk kekerasan yang terjadi di sekitarnya. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa-siswi kelas 1-6 UPT SDN 290 Gresik, Desa Sembunganyar. Pengabdian masyarakat dengan metode wawancara, sosialisasi, dan games regulasi emosi. Hasil dari kegiatan sosialisasi “Stop Bullying” di UPT SDN 290 Gresik, Desa Sembunganyar menunjukkan adanya peningkatan dari semua aspek yakni pemahaman jenis-jenis serta dampak negatif bullying (90%); sikap saling menghargai dan menolak kekerasan di sekolah (85%); serta keberanian melaporkan kasus bullying (70%). Diharapkan guru UPT SDN 290 Gresik mendapatkan pelatihan khusus tentang penanganan bullying serta penerapan peraturan sekolah yang tegas dan konsisten supaya terciptanya lingkungan dan budaya yang positif di sekolah.
References
[2] A. P. Suripto, A. S. Dewi, C. Aprilia, K. Khasanah, L. A. Romadhoni, and T. Kristiana, ‘Dampak Bullying pada Pelajar Ditinjau dari Aspek Kesehatan dan HAM’, Bengawan Nursing Journal, vol. 2, no. 1, pp. 21–28, Jul. 2024, Accessed: Apr. 26, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.ppnisurakarta.org/index.php/bnj/article/view/24
[3] H. Wibowo, F. Fijriani, and V. D. Krisnanda, ‘Fenomena Perilaku Bullying di Sekolah’, Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, vol. 1, no. 2, pp. 157–166, Oct. 2021, Accessed: May 02, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5888
[4] A. Marlef, M. Masyhuri, and Y. Muda, ‘Mengenal dan Mencegah Cyberbullying: Tantangan Dunia Digital’, Journal of Education Research, vol. 5, no. 3, pp. 4002–4010, Aug. 2024.
[5] N. Tresiana, N. Duadji, I. F. Meutia, L. Krisnawati, N. Nirwanto, and E. Elizarwati, ‘Membangun Sekolah Ramah Anak Berwawasan Anti Bullying, Anti Kekerasan Seksual dan Anti Narkoba Berbasis Kemitraan Guna Mendukung Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Sekolah Sehat di SMAN 9 Bandar Lampung’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 8, no. 1, pp. 23–28, Mar. 2024, Accessed: May 03, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.23960/jss.v8i1.470
[6] F. Abdillah, ‘Dampak Bullying di Sekolah Dasar dan Pencegahannya’, Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, vol. 2, no. 1, pp. 102–108, Dec. 2024, Accessed: May 03, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.70437/jedu.v2i1.19
[7] A. J. Sugiarto, ‘Perlindungan Tindak Bullying yang Terjadi di Kalangan Pelajar’, Jurnal Inovasi Global, vol. 1, no. 1, pp. 26–31, Nov. 2023, Accessed: Apr. 29, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.58344/jig.v1i1.4
[8] R. D. Lestari and M. S. Kowi, ‘Dampak dan Pencegahan Perundungan (Bullying) di Lembaga Pendidikan Indonesia’, Journal of Social Science Education, vol. 5, no. 2, pp. 109–119, Nov. 2024, Accessed: May 03, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v5i2.9524
[9] A. Hairani and A. P. A. Putikadyanto, ‘Penanganan Siswa Korban Bullying di SMPN 2 Pamekasan’, Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, vol. 8, no. 1, pp. 185–201, Mar. 2025, Accessed: May 03, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.56013/jcbkp.v8i1.3826
[10] H. Andriyani, I. I. Idrus, and F. W. Suhaeb, ‘Fenomena Perilaku Bullying di Lingkungan Pendidikan’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 9, no. 2, pp. 1298–1303, May 2024, Accessed: May 03, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2176