Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja Saat Menstruasi Di SMK Dharma Wanita Gresik

  • Munisah Munisah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Lidia Aditama Putri
  • Hilda Indriani

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat telah dilakukan di SMK Dharma Wanita Kabupaten Gresik. Pengabdian Masyarakat dibagi menjadi beberapa tahap, yakni : Penyuluhan tentang nyeri saat menstruasi (dismenorea) dan penanganannya memakai video tutorial yang bisa diikuti link video, https://drive.google.com/file/d/1O-p6qoSnyzJO5O_La2NDXOsZ5-9pMYta/view?usp=sharing atau https://www.youtube.com/watch?v=VkytysTuPzU. Dilanjutkan dengan tanya jawab memakai media whatsapp (WA). Kemudian pemberian bantuan kantung buli-buli yang diserahkan ke bagian usaha kesehatan sekolah (UKS). Pengabdian masyarakat  di SMK Dharma Wanita Kabupaten Gresik, diikuti oleh 100 siswa SMK Dharma Wanita Kabupaten Gresik. Dan youtube kami diikuti oleh  viewers 123 orang, dan subcriber yang berjumlah 101 orang. Serta kami mencetak buku yang ber ISBN dan ber HKI.


 Pada akhir kegiatan pengabdian masyarakat yang kita laksanakan di SMK Dharma Wanita Kabupaten Gresik, dengan harapan dapat membuat siswa remaja putri SMK Dharma Wanita Kabupaten Gresik dapat menangani keluhan yang dirasakan saat menstruasi, sehingga aktifitas belajar mengajar berjalan dengan baik dan ada peningkatan prestasi untuk siswa. Dan harapan kami sebagai tenaga kesehatan adalah remaja putri bisa bertanggung jawab atas kesehatan reproduksinya yang akan berdampak akan masa depannya sebagai wanita dan seorang ibu yang sehat. Dan mendukung penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 2, 2021
How to Cite
MUNISAH, Munisah; PUTRI, Lidia Aditama; INDRIANI, Hilda. Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja Saat Menstruasi Di SMK Dharma Wanita Gresik. Indonesian Journal of Community Dedication in Health (IJCDH), [S.l.], v. 2, n. 01, p. 25-29, nov. 2021. ISSN 2746-3818. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijtdh/article/view/3121>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijcdh.v2i01.3121.