Penggunaan Metode Reward dan Punishment sebagai Upaya Memperkuat Kematangan Emosional Anak Usia Dini di Taman Posyandu Candra Kirana

Authors

  • Fatimatuz Zahra Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nazwa Nayya Nanita Rabbani Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Eka Ladya Charyl Febriantie Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rezky Fathiyah Putri Aspar MS Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh. Jufriyanto Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/ijcdh.v5i02.9701

Keywords:

Kematangan Emosional, Punishment, Reward, Sosialisasi, Usia Dini

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fase krusial dalam mendukung perkembangan emosional dan karakter anak. Strategi untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak melalui metode pemberian reward (ganjaran) dan punishment (hukuman). Peran orang tua dan pendidik sangat diperlukan dalam penerapan reward dan punishment. Program ini bertujuan untuk memperkuat kematangan emosional anak usia dini melalui metode reward dan punishment di Taman Posyandu Candra Kirana, Desa Banyuurip. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pendidik dan 20 wali murid peserta didik Taman Posyandu Candra Kirana, Desa Banyuurip. Pengabdian masyarakat dengan metode wawancara, sosialisasi, dan tes implementasi metode reward dan punishment. Hasil dari kegiatan sosialisasi dan implementasi metode reward dan punishment di Taman Posyandu Candra Kirana, Desa Banyuurip menunjukkan adanya perubahan emosional anak menjadi lebih positif setelah diterapkannya reward (65%) dan punishment (70%) oleh para orang tuanya. Diharapkan orang tua dan pendidik di Taman Posyandu Candra Kirana, Desa Banyuurip lebih menekankan pemberian reward sebagai cara utama dalam membentuk kebiasaan positif, sementara punishment diberikan selektif dengan pendekatan yang edukatif, sehingga anak mampu mengelola emosinya dengan baik dalam berbagai situasi.

References

[1] N. N. Fuadia, ‘Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Dini’, Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, vol. 3, no. 1, pp. 31–47, Sep. 2022, Accessed: May 02, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131
[2] K. Khadijah, M. Musdalifah, I. K. Siregar, A. Qori, and H. Rangkuti, ‘Peran Guru dalam Meningkatkan Tumbuh dan Kembang Anak Usia 4-5 Tahun di RA’, Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri, vol. 2, no. 3, pp. 399–401, Jul. 2022, Accessed: May 02, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.47353/bj.v2i3.114
[3] V. R. Darmawan and H. A. Rahmy, ‘Pemberdayaan Ibu Balita dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak di Desa Pematang Raman’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 42–48, Jan. 2024, Accessed: May 02, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v3i2.2911
[4] F. Ndeot, T. A. Sum, and F. D. Ndinduk, ‘Analisis Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini’, Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 1–12, Jan. 2022, Accessed: May 02, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.36928/jllpaud.v4i2.1416
[5] T. S. Anjani, C. D. Palenti, and D. Isawati, ‘Kegiatan Pelatihan PAUD Sekolah Alam Mahira Kota Bengkulu Bentuk dari Tipe 1 Parenting Education (Pendidikan Orang Tua)’, Journal of Community Empowerment, vol. 2, no. 1, pp. 63–78, Feb. 2024, Accessed: May 02, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.33369/jacom.v2i1.37581
[6] T. P. Bening and I. Ichsan, ‘Analisis Penerapan Pengetahuan Orang Tua dalam Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, vol. 8, no. 3, pp. 853–862, Aug. 2022, Accessed: May 02, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.829
[7] F. Hidayah and K. Khadijah, ‘Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini dalam Belajar Kelompok’, Journal of Social Science Research, vol. 3, no. 5, pp. 7942–7956, Nov. 2023, Accessed: May 02, 2025. [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5783
[8] A. Setiyawati, R. S. Wulandari, and L. Novitasari, ‘Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring di Masa COVID-19’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 51–59, Dec. 2021, Accessed: May 02, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/124
[9] N. Fadilah and D. Susanti, ‘Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Sosial Emosional Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Tambusai Utara’, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 7, no. 12, pp. 14402–14408, Apr. 2025, Accessed: May 02, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6352
[10] N. Nikmah, S. N. Qomari, and R. R. Antina, ‘Pemberdayaan Kader Posyandu dalam Meningkatkan Tumbuh Kembang Balita dengan Media Cetak Buku Saku “Teman Bunda”’, Indonesian Journal of Community Dedication in Health, vol. 5, no. 2, pp. 36–40, Apr. 2025, Accessed: May 02, 2025. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.30587/ijcdh.v5i02.9530

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Zahra, F., Rabbani, N. N. N., Febriantie, E. L. C., Aspar MS, R. F. P., & Jufriyanto, M. (2025). Penggunaan Metode Reward dan Punishment sebagai Upaya Memperkuat Kematangan Emosional Anak Usia Dini di Taman Posyandu Candra Kirana. Indonesian Journal of Community Dedication in Health (IJCDH), 5(02), 56–60. https://doi.org/10.30587/ijcdh.v5i02.9701