Perawatan Rentang Gerak Pada Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya

  • Diah Jerita Eka Sari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Diah Fauzia Zuhroh Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pada sendi lansia terjadi perubahan pada jaringan ikat sekitar sendi seperti tendon, ligamen, dan fasia yang mengalami penurunan elastisitas. Sendi kehilangan fleksibilitasnya sehingga terjadi penurunan luas gerak sendi. Penurunan rentang gerak pada lansia dapat menyebabkan berkurangnya aktivitas atau gerakan sehingga menurunkan kualitas hidup lanjut usia. Berdasarkan fenomena diatas menjadi penting untuk meningkatkan motivasi diri lansia agar melakukan latihan secara mandiri dan memberikan penguatan kepada lansia yang kurang memiliki keinginan untuk bergerak agar melakukan latihan dan beraktifitas secara mandiri sesuai kemampuan serta memastikan lansia melakukan latihan ROM untuk mempertahankan rentang gerak lansia. Diharapkan dengan meningkatkan motivasi diri lansia melalui penyuluhan dan pemberian latihan ROM dapat menjaga dan meningkatkan rentang gerak lansia sehingga lansia dapat beraktifitas secara mandiri sesuai kemampuan.
Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini antara lain pemberian penyuluhan atau Pendidikan kesehatan kepada lansia tentang latihan rentang gerak aktif dan pasif dilanjutkan dengan pemberian latihan rentang gerak aktif dan pasif dan dilakukan evaluasi secara berkala terhadap tingkat kemandirian lansia yang tinggal di Panti Sosial Tresna werdha Hargo Dedali Surabaya.
Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat antara lain adanya peningkatan partisipasi lansia dalam kegiatan latihan rentang gerak dan ada peningkatan tingkat kemandirian lansia dalam aktivitas sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 20, 2020
How to Cite
SARI, Diah Jerita Eka; ZUHROH, Diah Fauzia. Perawatan Rentang Gerak Pada Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya. Indonesian Journal of Community Dedication in Health (IJCDH), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 13-16, oct. 2020. ISSN 2746-3818. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijtdh/article/view/1984>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles