Penerapan Pola Hidup Sehat Sebagai Upaya Pengendalian Penyakit Penyerta (KOMORBID)

  • Diah Jerita Eka Sari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Widiharti Widiharti

Abstract

Covid-19 ini bisa menyerang hampir seluruh kalangan usia, namun demikian data yang ada saat ini menunjukkan bahwa kelompok usia lanjut dan orang yang mempunyai riwayat penyakit kronis (ko-morbid) memiliki risiko untuk terkena lebih sering dan dengan komplikasi yang lebih buruk dari penyakit ini. Hipertensi dan diabetes mellitus termasuk penyakit tidak menular yang jumlah penderitanya menunjukkan peningkatan setiap tahun. Kedua penyakit tersebut merupakan penyakit degeneratif yang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat terkontrol dengan perawatan rutin.


Metode yang digunakan selama pengabdian masyarakat ini antara lain pemberian pendidikan kesehatan melalui pemberian buku saku pola hidup sehat, pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah dan kadar gula darah dan follow up penerapan pola hidup sehat pada lanjut usia.


Hasil kegiatan pengabdian masyarakat antara lain lebih dari setengah lansia memiliki tekanan darah diatas normal, sebagian besar lansia memiliki gula darah normal dan sebagian besar sudah menerapkan pola hidup sehat yang meliputi kebiasaan olah raga, diet seimbang sesuai penyakit, istirahat cukup dan rutin kontrol.


Kesimpulan dari hasil kegiatan, penyakit degeneratif potensial komorbid seperti hipertensi dan diabetes melitus tidak bisa disembuhkan tetapi dapat dikontrol. Pemeriksaan kesehatan secara teratur dan penerapan pola hidup sehat secara konsisten dapat mengontrol penyakit degeneratif yang potensial menjadi penyakit penyerta atau komorbid covid-19.


 


Kata kuncikomorbid, hipertensi, diabetes melitus

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 2, 2021
How to Cite
SARI, Diah Jerita Eka; WIDIHARTI, Widiharti. Penerapan Pola Hidup Sehat Sebagai Upaya Pengendalian Penyakit Penyerta (KOMORBID). Indonesian Journal of Community Dedication in Health (IJCDH), [S.l.], v. 2, n. 01, p. 30-33, nov. 2021. ISSN 2746-3818. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijtdh/article/view/3128>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijcdh.v2i01.3128.