Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Bullying Menggunakan Metode Sosialisasi Bullying dan Konseling di MTs Hidayatur Rahman
DOI:
https://doi.org/10.30587/ijcdh.v5i02.9693Keywords:
Bullying, Kesehatan Mental, Konseling, SosialisasiAbstract
Kasus bullying merupakan permasalahan yang banyak ditemui di lingkungan sekolah, yang dapat berpengaruh pada kesehatan mental korban. Faktor yang menyebabkan seseorang melakukan bullying adalah dengan dalih kesenangan, kepuasan diri, dan keinginan menjadi penguasa di lingkungan sekolah. Sosialisasi bullying merupakan sebuah langkah pencegahan yang bisa dilakukan guna meminimalisir kasus bullying di dunia pendidikan Indonesia, seperti konseling. Tujuan dari program konseling atau ruang dengar ialah menyadarkan para siswa terkait dampak bullying serta membantu para korban bully untuk berkonsultasi dan menerima dukungan. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah 35 siswa dan siswi MTs Hidayatur Rahman. Kegiatan pengabdian masyarakat dengan metode wawancara, kuesioner, sosialisasi, dan konseling. Hasil dari kegiatan sosialisasi dan konseling di MTs Hidayatur Rahman adalah meningkatnya pemahaman siswa tentang cara menghadapi perilaku bullying (88,9%) dan terbantunya dukungan emosional melalui program konseling atau ruang dengar (72,2%). Diharapkan siswa dapat memahami dampak bullying serta berkurangnya kasus bullying, sehingga menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan mendukung.
References
[2] D. N. Arfa and R. M. Pranata, ‘Psikoedukasi Pencegahan Perundungan (Bullying) pada Siswa Kelas V di SDN Sumurugul’, Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, vol. 4, no. 1, pp. 3318–3325, Jan. 2025, Accessed: Apr. 29, 2025. [Online]. Available: https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/view/8863
[3] Y. Bachri, M. Putri, Y. P. Sari, and R. Ningsih, ‘Pencegahan Perilaku Bullying pada Remaja’, Jurnal Salingka Abdimas, vol. 1, no. 1, pp. 30–36, 2021, Accessed: Apr. 29, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.31869/jsam.v1i1.2823
[4] A. J. Sugiarto, ‘Perlindungan Tindak Bullying yang Terjadi di Kalangan Pelajar’, Jurnal Inovasi Global, vol. 1, no. 1, pp. 26–31, Nov. 2023, Accessed: Apr. 29, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.58344/jig.v1i1.4
[5] N. Karisma, A. Rofiah, S. N. Afifah, and Y. M. Manik, ‘Kesehatan Mental Remaja dan Tren Bunuh Diri: Peran Masyarakat Mengatasi Kasus Bullying di Indonesia’, Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 3, no. 3, pp. 560–567, Jan. 2024, Accessed: Apr. 29, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3439
[6] N. H. Ulum, B. Astuti, and A. Basuki, ‘Peran Konselor Sekolah dalam Mencegah Bullying: Tinjauan Literatur tentang Strategi dan Efektivitas Intervensi’, Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 5, no. 1, pp. 44–56, Jan. 2025, Accessed: Apr. 29, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i1.2425
[7] L. W. Manurung, F. Sitanggang, M. L. Sihombing, S. Simangunsong, and D. Nainggolan, ‘Meningkatkan Literasi, Numerasi, dan Empati Melalui Kegiatan Lingkungan Sekolah sebagai Strategi Anti-Bullying’, Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat, vol. 6, no. 2, pp. 318–322, Apr. 2025, Accessed: Apr. 29, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.55583/arsy.v6i2.1282
[8] W. L. Fitrianur, E. Suminar, and W. Widiyawati, ‘Pendampingan dan Penyuluhan Dukungan Sosial Remaja untuk Meningkatkan Resiliensi Menghadapi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Sunan Giri Menganti Gresik’, Indonesian Journal of Community Dedication in Health, vol. 2, no. 2, pp. 59–64, Jun. 2022, Accessed: Apr. 29, 2025. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.30587/ijcdh.v2i02.3948
[9] A. P. Suripto, A. S. Dewi, C. Aprilia, K. Khasanah, L. A. Romadhoni, and T. Kristiana, ‘Dampak Bullying pada Pelajar Ditinjau dari Aspek Kesehatan dan HAM’, Bengawan Nursing Journal, vol. 2, no. 1, pp. 21–28, Jul. 2024, Accessed: Apr. 26, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.ppnisurakarta.org/index.php/bnj/article/view/24
[10] S. R. A. Putri, E. A. Ismaya, and Much. A. Fardani, ‘Fenomena Verbal Bullying di Masyarakat Pedawang’, urnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 792–796, Apr. 2021, Accessed: Apr. 26, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1124