Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun

Authors

  • Dini Setiarsih Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Ratna Sari Sikes Insan Se Agung Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.30587/ijpn.v2i1.3090

Keywords:

Pola Asuh, Perkembangan Sosial, Anak Prasekolah

Abstract

Pengasuhan atau orang tua akan memberikan perlakuan yang berbeda-beda. Sikap dan perlakuan orang tua pada anaknya yang kemudian menjadikan kebiasaan pula bagi anak-anaknya. Hal ini juga akan berpengaruh pada perkembangan anak. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pola asuh orang tua  dengan perkembangan sosial anak prasekolah usia 4-6 tahun di TK Nurul Ulum Bangkalan.

Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasinya adalah semua ibu di TK Nurul Ulum dengan anak usia 4 – 6 tahun sebanyak 60 orang dan sampelnya sebanyak 56 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel independen yaitu pola asuh ibu terhadap anak sedangkan variabel dependen yaitu perkembangan sosial anak. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan Uji Statistic Lambda.

Hasil penelitian menunjukkan persentase terbesar orang tua anak di TK Nurul Ulum menerapkan pola asuh permisif yaitu sebayak 20 orang (35,7%) sedangkan perkembangan sosial anak dengan persentase terbesar memiliki perkembangan yang baik yaitu sebanyak 27 anak (48,2%). Hasil uji statistik Lambda menunjukkan ada hubungan bermakna antara pola asuh orang tua terhadap anak dengan perkembangan sosial anak prasekolah usia 4 – 6 tahun di TK Nurul Ulum Bangkalan (p = 0.019 < α = 0.05).

Setiap orang tua memiliki cara tersendiri untuk mendidik anaknya, namun pola asuh yang tepat sangat diperlukan untuk proses perkembangan anak. Sehingga diharapkan untuk para orang tua memiliki pengetahuan tentang pola asuh yang tepat untuk anaknya, dan mengaplikasikan pola asuh yang sesuai dengan umur anak, tanpa melupakan hak dan keinginan anak.

References

Ernawati (2014). Pengaruh Keikutsertakan Pendidikan Di Paud Terhadap Perkembangan Personal Sosial anak 3-4 Tahun Skripsi Sarjana Keperawatan, Stikes Karya Husada Semarang
Heriyanto, B. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Surabaya: Putra Media Nusantara.
Hidayat, A. A. A. (2010). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika
Hurlock, E. B. (2012). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Ismira, D. (2008). Mengenal Bentuk Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Medika Cipta.
Medise, B.E (2013). Mengenal keterlambatan perkembangan umum pada anak diakses 14 februari 2017, dari Ikatan Dokter Anak Indonesia www.Idai.co.id
Mittman, (2008). Menumbuhkan Kemandirian Pada Anak. Tersedia dalam: http://www.tabloid-nakita.com . diakses pada 20 September 2016
Nursalam (2011). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan; Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Radhy, M. S. (2011). Perkembangan Perserta Didik. Parepare: Fakultas Keguruan Universitas Indonesia
Widati, (2012). Buku Ajar Keperawatan Pediatric, Volume 2. Jakarta: EGC
Wulandari, R (2016). Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang Skripsi Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta
Yusuf, S. (2016). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Setiarsih, D., & Sari, R. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Professional Nursing, 2(1), 61–70. https://doi.org/10.30587/ijpn.v2i1.3090

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.