Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Dan Peningkatan Berat Badan Ibu Hamil Trimester Pertama

  • Rokani Rokani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Siti Hamidah

Abstract

Pengetahuan gizi selama kehamilan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan berat badan ibu selama kehamilan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh edukasi gizi seimbanga terhadap pengetahuan dan peningkatan berat badan ibu hamil trimester pertama di Puskesmas Nelayan. Penelitian ini menggunakan desain Pre Eksperimental dengan 30 sampel dibagi menjadikelompok intervensi dan kelompok kontrol yang dipilih dengan menerapkan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan Analisis Multivariat MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil sebelum diberi edukasi, memiliki pengetahuan kurang 46,6%, setelah edukasi memiliki pengetahuan baik sebesar 60,0%. Sebelum edukasi, ibu hamil mengalami peningkatan berat badan yang tidak sesuai standar (<0,5Kg) sebesar 73,3%. Setelah edukasi,ibu hamil mengalami peningkatan berat badan sesuai standar (0,5-2 kg) sebesar 66,7%. Hasil analisis menunjukkan nilai p<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama- sama ada pengaruh edukasi gizi seimbanga terhadap pengetahuan dan peningkatan berat badan ibu hamil trimester pertama. Namun dalam analisis lanjutan menunjukkan bahwa pengaruh signifkan hanya terjadi pada pengetahuan (F= 4,224; p=0,009), sedangkan pada peningkatan berat badan tidak signifikan (F= 2,333; p=0,084). Kesimpulan penelitian ini ada pengaruh edukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan dan peningkatan berat badan ibu hamil trimester pertama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 11, 2025
How to Cite
ROKANI, Rokani; HAMIDAH, Siti. Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Dan Peningkatan Berat Badan Ibu Hamil Trimester Pertama. IJMT : Indonesian Journal of Midwifery Today, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 16-23, feb. 2025. ISSN 2809-2163. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijmt/article/view/9305>. Date accessed: 22 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijmt.v4i1.9305.
Section
Articles