Literature Review : Efektivitas Pemberian Ekstrak Daun Katuk Terhadap Kelancaran ASI Pada Ibu Menyusui

  • Niken Ghurotul Basaria Mahasiswa
  • Rizka Esty Safriana Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pemberian ASI eksklusif bagi bayi sangat penting untuk tumbuh kembang yang optimal. Pemberian nutrisi bagi bayi yang baik ialah menyusui bayi secara eksklusif setelh lahir hingga usia 6 bulan lalu diteruskan hingga usia 24 bulan. Produksi ASI yang tidak cukup pada ibu menyusui ialah faktor yang sering umum terjadi dan menyebabkan berhentinya pemberian ASI eksklusif. Salah satu cara untuk meningkatkan produksi ASI ialah memanfaatkan tanaman herbal seperti ekstrak daun katuk.


Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas pemberian ekstrak daun katuk terhadap kelancaran ASI pada ibu menyusui. Metode penelitian menggunakan literature review dengan menganalisis dari beberapa sumber ilmiah di google scholar. Hasilnya ditemukan 6 artikel untuk direview yang menyatakan bahwa pemberian ekstrak daun katuk dapat memperlancar produksi ASI.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 30, 2023
How to Cite
BASARIA, Niken Ghurotul; SAFRIANA, Rizka Esty. Literature Review : Efektivitas Pemberian Ekstrak Daun Katuk Terhadap Kelancaran ASI Pada Ibu Menyusui. IJMT : Indonesian Journal of Midwifery Today, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-5, nov. 2023. ISSN 2809-2163. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijmt/article/view/6179>. Date accessed: 05 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijmt.v3i1.6179.
Section
Articles