Literatur Review: Hubungan Pengetahuan Dan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Tambah Darah Dengan Kejadian Anemia Defisiensi Besi Pada Remaja Putri

  • Novita Sari Universitas Muhammadiyah Gresik S1 Kebidanan
  • Rizka Esty Safriana

Abstract

Anemia merupakan masalah gizi global di seluruh dunia yang dialami oleh hampir seluruh kelompok usia dalam siklus kehidupan, mulai dari usia anak-anak, remaja, wanita usia subur (WUS) hingga ibu hamil. Faktor penyebab terjadinya anemia pada remaja putri adalah kurangnya pengetahuan pada remaja putri dan tidak patuh dalam mengkonsumsi tablet tambah darah. Tujuan dalamĀ  penulisan ini adalah untuk menganalisis adakah hubungan antara pengetahuan dan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah dengan kejadian anemia pada remaja putri. Dalam penulisan artikel ini menggunakan metode literature review dengan bersumber dari artikel yang diterbitkan dalam kurun waktu 5 tahun yaitu mulai dari tahun 2019-2023 dan berhubungan dengan topik yang akan dibahas. Pencarian artikel melalui database internet yaitu Dimensions. Terdapat 20 artikel yang diperoleh, tetapi hanya 5 artikel yang dipilih untuk di review karena sesuai dengan topik yang akan dibahas. Dari hasil beberapa artikel yang di review menunjukan bahwa terdapat hubungan pengetahuan dan kepatuhan tablet tambah darah dengan kejadian anemia pada remaja putri. Dengan adanya pengetahuan yang baik pada remaja putri akan berfikir dan berusaha untuk menghindari anemia. Selain itu, patuh mengkonsumsi tablet tambah darah juga akan mempengaruhi kadar hemoglobin pada remaja Kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara pengetahuan dan kepatuhan tablet tambah darah dengan kejadian anemia pada remaja putri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 29, 2023
How to Cite
SARI, Novita; SAFRIANA, Rizka Esty. Literatur Review: Hubungan Pengetahuan Dan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Tambah Darah Dengan Kejadian Anemia Defisiensi Besi Pada Remaja Putri. IJMT : Indonesian Journal of Midwifery Today, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 29-34, july 2023. ISSN 2809-2163. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijmt/article/view/5729>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijmt.v2i2.5729.
Section
Articles