Pengembangan Aplikasi Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Situbondo

  • Eko Fendy Hermawan UNIVERSITAS IBRAHIMY
  • Ahmad Homaidi
  • Firman Santoso

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Situbondo memiliki beberapa tugas pokok dan fungsi yang salah satunya adalah menyediakan Dokumen Informasi Publik. Dokumen tersebut merupakan informasi yang  wajib disediakan dan dapat diketahui oleh seluruh masyarakat sebagai bentuk transparansi pemerintah. Kebiasaan masyarakat yang telah berubah dari transaksi yang dilakukan secara luring kemudian menuju transaksi daring membuat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Situbondo juga harus mengikuti kebiasaan tersebut sehingga layanan yang dihadirkan untuk masyarakat juga tersedia dan dapat dimanfaatkan secara daring. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan adanya aplikasi yang berbasis website yang dapat diakses secara mudah oleh masyarakat umum untuk mengakses maupun mengajukan dokumen informasi publik Pemerintah Kabupaten Situbondo. Aplikasi yang dikembangkan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengajukan permohonan informasi publik yang mana masyarakat tidak perlu lagi harus datang membawa berkas pengajuan informasi publik ke kantor Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Situbondo namun hanya perlu mengajukan secara daring dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pemerintah Kabupaten Situbondo akan mengirimkan dokumen yang diminta secara online. Harapannya dengan menggunakan aplikasi ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Situbondo akan terus meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 31, 2024
How to Cite
HERMAWAN, Eko Fendy; HOMAIDI, Ahmad; SANTOSO, Firman. Pengembangan Aplikasi Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Situbondo. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 217-224, july 2024. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/8161>. Date accessed: 28 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v19i2.8161.
Section
Articles