DETEKSI WARNA KULIT MENGGUNAKAN METODE DEEP LEARNING DENGAN ALGORITMA CNN (CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK)

  • Firmansyah Widiarto Prabowo Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Situbondo
  • Ahmad Homaidi UNIVERSITAS IBRAHIMY
  • Ahmad Lutfi

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sering kali dibutuhkan dalam pengembangan klasifikasi citra digital. Salah satu topik yang diangkat adalah pendeteksian warna kulit dengan menggunakan klasifikasi yang telah ditentukan. Sistem ini akan menggunakan pengolahan citra untuk mendeteksi warna kulit menggunakan citra kulit melalui metode Deep Learning dengan algoritma CNN (Convolutional Neural Network). Metode Deep Learning merupakan bagian dari kecerdasan buatan dan machine learning yang merupakan pengembangan dari jaringan syaraf tiruan dengan banyak lapisan untuk melakukan tugas-tugas yang presisi. Contohnya seperti deteksi objek, pengenalan suara, penerjemahan bahasa, dan lain sebagainya.


Dari hasil pendeteksian warna kulit yang telah diujicobakan, secara umum dapat mendeteksi klasifikasi warna kulit berdasarkan hasil gambar yang telah diinputkan ke dalam aplikasi dan yang telah ditentukan ciri-cirinya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 26, 2024
How to Cite
PRABOWO, Firmansyah Widiarto; HOMAIDI, Ahmad; LUTFI, Ahmad. DETEKSI WARNA KULIT MENGGUNAKAN METODE DEEP LEARNING DENGAN ALGORITMA CNN (CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK). E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 186-190, july 2024. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/8128>. Date accessed: 28 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v19i2.8128.
Section
Articles